Rabu, 6 Juli 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



20 Jurnalis Ikut Pelatihan yang Digelar AJI

Oleh Berita Hargo , dalam Gorontalo Headline , pada Selasa, 13 November 2018 | 21:00 Tag:
  

Hargo.co.id, GORONTALO – Aliansi Jurnalis Indonesia (AJI) bekerjasama dengan Global Reporting Indonesia (GRI) melaksanakan pelatihan bagi 20 jurnalis yang berasal dari Provinsi Sulawesi Utara dan Provinsi Gorontalo di Gorontalo, 9-10 November 2018.

Pelatihan yang mengangkat tema ‘Storytelling for Creating Public Demand for Corporate Accountability Through Sustainability Reporting’ ini, digelar di Maqna Hotel By Prasanthi Gorontalo dengan didampingi dua mentor yakni Bayu Wardhana dan Heru Margianto dari AJI Indonesia.

Selama dua hari, para jurnalis mendapatkan materi tentang Corporate Social Responsibilty (CSR), Sustainability Report (SR), dan Jurnalisme Naratif; dilatih membuat berita berkelanjutan dari sebuah perusahaan dengan berbekal CSR dan mengedepankan isu sosial, lingkungan, dan ekonomi dengan konsep penulisan naratif; hingga membuat usulan liputan yang berkelanjutan.

“Kegiatan ini sebenarnya mengajak teman-teman jurnalis untuk bisa menulis tentang Sustainability Report dengan gaya naratif sehingga publik itu mendapatkan informasi yang baik dan benar tentang apa yang sudah dilakukan oleh perusahaan-perusahaan,” ujar Bayu Wardhana, satu dari dua mentor dalam pelatihan jurnalis ini.

Menurut dia kegiatan ini dapat menambah wawasan dan professionalisme para jurnalis agar bisa menulis atau membuat tayangan yang berimbang.

“Jadi tidak sepihak ke perusahaan sana atau perusahaan ini. Jadi keberimbangan itu dijaga,” tuturnya.

20 peserta dalam kegiatan pelatihan jurnalis ini berasal dari berbagai media yakni MimozaTV Gorontalo, RRI, Harian Gorontalo Post, Degorontalo.co, Mongabay Indonesia, KompasTV, Kompas.com, 60dtk.com, Inews Gorontalo, Pojok6.com, ANTARA Biro Gorontalo, kabarmanado.com, Trans7, manadosiana.com, KBR Manado, Radar Bolmong, Totabuannews, dan Harian Komentar.

Rochimawati penanggungjawab pelatihan ini menjelaskan bahwa karena Sustainability Report (SR) ini adalah hal yang baru, maka dengan diselenggarakannya kegiatan ini AJI berharap agar para jurnalis bisa lebih menyadari dan peduli tentang bagaimana sebuah perusahaan yang ada di wilayah masing-masing tidak hanya melihat dari program CSR.

“Program CSR kan lebih pada informasi mengenai sebuah perusaan di suatu waktu, tapi dengan Sustainability Report ini bagaimana teman-teman jurnalis bisa lihat nih tentang keberadaan sebuah perusahaan, tujuannya untuk apa, dan sebagainya. Jadi bisa dilihat dari dampaknya terhadap lingkungan, sosial, maupun ekonomi. Dengan begitu para jurnalis tidak hanya menggali satu isu, tapi banyak isu yang bisa mereka dapatkan,” jelas perempuan yang akrab disapa Ochi ini panjang lebar. (tr64/gp/hg)

(Visited 2 times, 1 visits today)

Komentar