Kamis, 8 Desember 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



20 Kotak Suara di Boalemo Dibuka Ulang

Oleh Berita Hargo , dalam Gorontalo , pada Jumat, 17 Februari 2017 | 10:41 Tag: , , , ,
  

BOALEMO Hargo.co.id – Entah pemahaman yang masih kurang atau terlalu sibuk menghias Tempat Pemungutan Suara (TPS). Teknis penyelenggara di tingkat Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS), patut menjadi bahan evaluasi pelaksanaan Pemilihan Gubernur (Pilgub) Gorontalo dan Pemilihan Bupati (Pilbup) Boalemo. Pasalnya, tak sedikit kesalahan teknis dijumpai di tingkat KPPS. Padalah, jauh sebelum pelaksanaan Pilgub-Pilbup, para KPPS sudah diberikan pelatihan ataupun bimbingan teknis (bimtek)

Informasi yang dirangkum Gorontalo Post (grup Hargo.co.id), kesalahan teknis di tingkat KPPS dijumpai di wilayah Boalemo dan Kota Gorontalo. Kesalahan teknis tersebut meliputi pencatatan pada formulir hasil rekapan suara tingkat TPS atau lebih dikenal istilah formulir C1, formulir C1 yang tak disampaikan ke Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) hingga kunci kotak suara dimasukkan bersama-sama dengan surat suara dan formulir lainnya.

Terkait kesalahan tersebut, sebanyak 20 kotak suara di Boalemo harus dibuka ulang. Terdiri 19 di Kecamatan Paguyaman, serta satu kotak suara dari Desa Tangga Barito, Kecamatan Dulupi.

Anggota KPU Boalemo Noldi Biya menjelaskan, pembukaan kembali kotak suara dikarenakan formulir C1 yang harus diserahkan ke PPK, dimasukkan kembali oleh KPPS ke dalam kotak suara. “Atas persetujuan para saksi dan Pihak Panwas, maka kotak suara dibuka ulang untuk mengambil kembali formulir C1,” ujar Noldi Biya.

Menariknya, pantauan Gorontalo Post (grup Hargo.co.id), saat pembukaan kotak suara, KPPS Desa Huwongo, Kecamatan Paguyaman mengaku tak memiliki anak kunci gembok kotak suara. Pasalnya, anak kunci tersebut telah dimasukkan ke dalam kotak suara. Alhasil, kotak suara Desa Huwongo dibuka menggunakan mesin pemotong besi.

Noldi Biya menuturkan, secara umum seluruh proses pungut hitung tingkat TPS berjalan lancar. Untuk pelaksanaan perhitungan suara tingkat PPK baru akan dilaksanakan serentak di tujuh kecamatan se-Boalemo, pada hari ini, Jumat (17/2).

“Sementara ini kita baru menjajaki proses rekapitulasi tingkat kecamatan. Setelah di tingkat kecamatan akan dilanjutkan pada tingkat kabupaten,” kata Noldi Biya.

Terpisah, di Kota Gorontalo sebanyak 13 TPS di Kecamatan Kota Tengah ditemukan terdapat kesalahan pengisian form C1. Adapun kesalahan tersebut berupa pencatatan surat suara rusak dan surat suara tak sah. Atas kesalahan itu, Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Kota Tengah melakukan verifikasi dengan PPK Kota Tengah.

(Visited 4 times, 1 visits today)

Laman: 1 2


Komentar