Senin, 24 Januari 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



2018, Trayek Tol Laut Ditambah

Oleh Aslan , dalam Ekonomi , pada Kamis, 19 Oktober 2017 | 03:00 AM Tag: ,
  

Hargo.co.id, JAKARTA – Tahun depan trayek angkutan Tol Laut akan ditambah dua. Hal ini diungkapkan Inspektur Jenderal (Irjen) Kemenhub Wahju Satrio Utomo.

Dikatakan, saat ini Kemenhub telah membuka 13 rute Tol Laut dengan bobot kapala di atas 3.300 Deadweight tonnage (DWT).

“Untuk dua rute, kami akan lihat perkembangan dan ke­butuhan. Juga masukan dari peserta Rakornas. Tapi bisa juga menyasar kembali ke kawasan Indonesia timur,” ungkap Wahju, dilansir rmol.co.

Diketahui, kawasan Timur Indonesia memang menjadi priositas. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi di kawasan tersebut.

Saat ini ada 11 trayek Tol Laut melayani Kawasan Timur Indonesia.

Terkait dengan rencana penambahakan dua rute baru, Wahju memastikan pihaknya ingin membuka untuk swasta.

Pihaknya mengklaim sejauh ini program tersebut berjalan dengan baik.

Sejak bergulir, sejumlah komoditas pangan dan bahan bangunan mulai mengalami penurunan harga, berkisar 20-30 persen.

Namun demikian, Tol Laut masih menyisakan pekerjaan rumah yakni muatan balik dari timur Indonesia kebagian barat masih minim.

“Ke depan pemerintah terus mendorong optimalisasi muatan balik dari daerah melalui sinergi dan koordinasi yang baik antara Pemerintah Daerah, BUMN, dan masyarakat setem­pat,” jelasnya.

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Dirjen Perhubungan Laut Kemenhub Bay M Hasani menyampaikan, penyelenggaraan Tol Laut telah membantu pendistribusian pasokan gas ke masyarakat Natuna.

“Dahulu warga Natuna itu membeli produk tabung gas dari negara tetangga sekarang dengan ada tol laut, memudahkan masyarakat mendapatkan gas,” pungkasnya.

Diketahui, program ini digulirkan bertujuan untuk menekan disparitas harga. Kemudian diselenggarakan pemerintah secara terjadwal dengan biaya terjangkau dengan menggandeng BUMN dan operator swasta melalui mekanisme lelang.

(zul/pojoksatu/hg)

(Visited 1 times, 1 visits today)

Komentar