Jumat, 20 Mei 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



2021, Fokus Pulihkan Perekonomian Rakyat Akibat Covid-19

Oleh Berita Hargo , dalam Advertorial Kab. Gorontalo , pada Kamis, 13 Agustus 2020 | 21:05 Tag:
  Sekda Kabupaten Gorontalo, Hadijah U Tayeb

Hargo.co.id, GORONTALO – Pembangunan 2021 dipastikan masih seputar penanganan, Covid-19. Hal ini ditegaskan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Webinar Sosialisasi peraturan menteri dalam negeri nomor 64 tahun 2020. Tentang pedoman penyusunan APBD 2021, yang digelar Rabu (12/08/2020).

Ditemui usai menghadiri Webinar itu, Ketua Tim Anggaran Pemerintah Daerah, Hadijah U Tayeb menjelaskan 2021 pembangunan Kabupaten Gorontalo akan fokus pada penanganan pasca Pandemik. Artinya, program pembangunan lebih condong pada pemulihan ekonomi masyarakat.

“Jadi masih sifatnya pemulihan, karena Pandemik ini sampai tahun depan. Maka kita lebih fokus membangun ekonomi rakyat, tentu dengan berbagai program yang pro rakyat,” jelas Hadijah U Tayeb.

Untuk program 2021 Kabupaten Gorontalo sendiri, sambung Hadijah U Tayeb, cukup istimewa. Selain memuat soal Covid-19, sejumlah program masih akan berpedoman pada RPJMD yang disusun Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo, walaupun tahun depan menjadi tahun terakhir masa jabatan.

“Memang di tiga daerah (yang melaksanakan Pilkada) ini sedikit berbeda. Karena ada Pemilu pada Desember, sementara di Desember juga APBD 2021 itu sudah diketuk. Maka sesuai arahan Kemendagri, kita (menyusun APBD 2021) berdasarkan perencanaan yang ada saat ini,” kata Hadijah U Tayeb.

Nanti setelah dilakukan pelantikan bupati terpilih, barulah akan dilakukan penyesuaian program, seusia dengan visi misi bupati terpilih nanti.

“Nanti dilakukan penyesuaian, karena program dan kegiatan harus tetap jalan, perencanaan harus tetap jalan. Jika ada visi misi kita akan menyesuaikan,” tegas Hadijah U Tayeb.

Dirinya memastikan Pilkada tidak akan mengganggu jalannya pemerintahan. Sebab Pemkab telah memiliki rencana pembangunan jangka panjang, mencegah dan pendek. Sehingga rencana itulah, yang akan disesuaikan dengan pembangunan 2021.

“Makanya nanti kita sesuaikan perencanaan yang ada, sambil kita tunggu bupati terpilih,” kunci Hadijah U Tayeb. (nat/adv/hg)

(Visited 2 times, 1 visits today)

Komentar