Rabu, 20 Oktober 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



23 Siswa SMP Dipergoki Pesta Lem Fox

Oleh Berita Hargo , dalam Metropolis , pada Selasa, 7 Maret 2017 | 10:53 AM Tag: , , , ,
  

GORONTALO – Hargo.co.id Bagaimana nasib dunia pendidikan Gorontalo jika para siswa mulai mencoba-coba hal yang tidak semestinya. Seperti di Kabupaten Gorontalo (Kabgor).

sedikitnya ada 17 siswa SMP 1 Muhammadiyah, Tilango, dipergoki sedang asyik menghirup lem Fox, kemarin, Senin (6/3). Peristiwa yang sama juga terjadi di MTs Suwawa, Bone Bolango (Bonbol). Disini, ada 5 siswa yang juga dipergoki sedang pesta lem Fox.

Informasi yang dirangkum Gorontalo Post, 17 siswa yang bolos ini dipergoki oleh sejumlah guru bersama Satuan Binmas Polres Gorontalo sedang berpesta EHA-Bond di belakang sekolah. Kemudian 17 siswa ini pun langsung diamankan di Polsek Telaga.

Setelah diinterogasi, salah seorang dari 17 siswa tersebut mengaku sudah pernah mengikuti program rehabilitasi di Badan Narkotika Nasional (BNN) akibat kasus serupa.

Karena masih dibawah umur, mereka hanya diberikan pembinaan langsung terkait bahaya penggunaan narkoba, termasuk menyalahgunakan lem Fox atau EHA-Bond ini bagi masa depan mereka.

“Lem Fox atau pun yang lebih dikenal dikalangan remaja adalah EHA-Bond ini sangat berbahaya bagi generasi penerus bangsa karena dapat merusak syaraf ataupun pikiran yang menghirupnya apabila dilakukan terus menerus,” Kasat Binmas, AKP Heny Mudji, kemarin.

Dia mengatakan, saat ini pihaknya sedang gencar-gencarnya melakukan razia terhadap siswa menyusul maraknya penggunaan lem EHA-Bond di kalangan siswa.

“Razia yang dilakukan oleh Dit Binmas Gorontalo ini tindak lanjut atas laporan dari kepala sekolah tentang maraknya siswa yang sering menghirup Lem Fox atau EHA-Bond,” tegas Heny.

Kapolsek Telaga, Iptu Anna Paramita saat dikonfirmasi mengatakan pihaknya sudah mengundang orang tua dari murid untuk menjemputnya sekaligus diberikan pembinaan, “Pergaulan anak-anak tidak boleh lepas dari pengawasan orang tua,” tandas Anna.

Sementara itu, di MTs Suwawa, sedikitnya 5 siswa juga dipergoki oleh Satuan Res Narkoba Polres Bonbol sedang asyik menghirup lem kayu bermerek Fox ini saat masih jam sekolah, sekitar pukul 11.00 Wita.

“Jadi, kami mendapatkan informasi dari masyarakat sekitar, bahwa ada lokasi di dekat sekolah MTs yang mencurigakan yang biasa menjadi tempat nongkrong siswa-siswi saat pulang sekolah,” ungkap Kepala BNNK Bonbol.

Abdul Haris Pakaya, setelah menerima pelimpahan dari Sat Resnarkoba Polres Bonbol, yang dipimpin AKP Ismail Husain.Bahkan parahnya, setelah dilakukan tes urine.

2 dari 5 siswa MTs tersebut positif mengkonsumsi pil koplo. BNNK Bonbol pun masih akan terus mengusut temuan ini, “Jadi masih akan kita periksa lebih lanjut, apakah hanya pembinaan atau harus direhabilitasi,” pungkas Haris. (tr-54/hg).

(Visited 2 times, 1 visits today)

Komentar