Sabtu, 2 Juli 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



253 Siswa SMK Gorontalo Unas Susulan

Oleh Berita Hargo , dalam Features Gorontalo , pada Selasa, 11 April 2017 | 11:41 Tag: , , , ,
  

GORONTALO, hargo.co.id – Gangguan teknis yang terjadi pada ujian nasional berbasis komputer (UNBK) untuk jenjang SMK dihari terakhir yang membuat 253 siswa SMK se Gorontalo harus mengikuti ujian susulan. Ujian susulan ini direncanakan akan berlangsung pada 19 April mendatang.

Kepala Dinas Pendidikan Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Dikbdupora) Provinsi Gorontalo Weni Liputo mengatakan bahwa dinas pendidikan telah berkoordinasi dengan Puspendik dan Balitbang untuk ujian susulan terhadap 253 siswa SMK tersebut.

“Sejauh ini tidak masalah. Namun sesuai POS, ujian susulan ini dijadwalkan sama-sama dengan mereka yang mengikuti ujian nasional perbaikan tahun sebelumnya maupun tahun ini atau sama dengan ujian kesetaraan,” ucap Weni.

Untuk 253 peserta UNBK ini sendiri dipastikan Weni akan tetap melaksanakan media komputer seperti yang dilakukan pekan lalu.

“Sistemnya nanti Puspendik yang mengatur itu. Yang jelas kita siap, siswa pun tidak ada masalah. Karena pada dasarnya seluruh siswa SMK se Indonesia mengalami hal yang sama. Kalau tidak salah untuk se Indonesia itu ada 35ribu siswa yang harus mengulang,”tandas Weni.

Sementara itu Kepala Pusat Penilaian Pendidikan (Puspendik) Kemendikbud Nizam jumlah peserta UNBK SMK tahun ini mencapai 1.172.511 anak. Untuk ujian susulan kelompok SMK, Kemendikbud sudah menetapkan bakal digelar 18–19 April. Peserta ujian susulan yang kebanyakan bermasalah saat mata pelajaran teori kejuruan bakal melakoni ujian pada Rabu (19/4).

Nizam menjanjikan memperbaiki format soal untuk ujian susulan nanti. Dengan perbaikan format itu, diharapkan butir soal ujian yang sebelumnya dikeluhkan hilang atau tidak muncul bisa dibaca di komputer sekolah.

Seperti diduga sebelumnya, soal tersebut tidak muncul karena formatnya tidak support dengan perangkat lunak (software) di komputer sekolah. Jurusan yang bakal mengulang ujian karena soal tidak muncul antara lain teknik audio video, teknik komputer jaringan, desain komunikasi visual, serta rekayasa perangkat lunak.(ndi/hargo)

(Visited 1 times, 1 visits today)

Komentar