300 Personel Gabungan Bersihkan Pantai Leato

Ratusan personel gabungan melakukan pembersihan pantai di Kelurahan Leato Selatan, Kecamatan Dumbo Raya, Kota Gorontalo.

Hargo.co.id, GORONTALO – Kurang lebih 300 personel gabungan yang terdiri dari berbagai stakeholder, Kamis (12/09/2019) melakukan gerakan pembersihan laut dan pantai yang terpusat di kawasan pantai, Kelurahan Leato Selatan, Kecamatan Dumbo Raya, Kota Gorontalo.

Pelaksanaan kegiatan pembersian pantai itu sendiri dilaksanakan secara serentak diseluruh wilayah Indonesia untuk memeriahkan peringatan Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) 2019. Bahkan dalam kegiatan peduli lingkungan itu, sejumlah pejabat perwakilan dari kementrian dan lembaga, baik dari unsur Sipil, Kementrian Perhubungan, direksi BUMN, ketua asosiasi maupun TNl-Polri ikut terjun langsung.

Kepala Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Gorontalo, Agustinus,ST,MT pada saat membacakan amanat Menteri Perhubungan mengatakan, gerakan bersih laut dan pantai ini, dilatarbelakangi oleh adanya fakta bahwa Indonesia, merupakan negara penyumbang sampah plastik ke laut terbesar kedua di dunia.

Peringatan Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) yang dilaksanakan di Pantai Leato Selatan.

“Berdasarkan data dari Asosiasi Industri Plastik Indonesia (INAPLAS) dan Badan Pusat Statistik (BPS), sampah plastik di Indonesia mencapai 64 juta ton per tahun. Dari data itu, sebanyak 3,2 juta ton merupakan sampah plastik yang dibuang ke Iaut,” ungkapnya.

Disampaikan pula, gerakan bersih laut dan pantai ini merupakan salah satu upaya nyata Kementerian Perhubungan, dalam memberikan edukasi kepada masyarakat, agar tidak lagi membuang sampah di laut. Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Perhubungan bertekad, serta menargetkan penurunan sampah plastik di laut, hingga 70 persen pada tahun 2025 mendatang.

“Kami mengajak masyarakat Indonesia, khususnya yang ada di wilayah pesisir pantai, untuk mengurangi penggunaan plastik, dalam kehidupan sehari-hari,” harapnya.(zul/hg)

-