Kamis, 25 Februari 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



322 Calon Kades di Kabgor Ikuti Sosialisasi Hak dan Kewajiban

Oleh Berita Hargo , dalam Advertorial Kab. Gorontalo , pada Senin, 15 Februari 2021 | 19:05 WITA Tag: , ,
  Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo saat membuka kegiatan Sosialisasi Hak dan Kewajiban Calon Kepala Desa. Senin, (15/02/2021). (Foto: Humas Kominfo Kabgor)


Hargo.co.id, GORONTALO – Sebanyak 322 calon kepala desa (Kades), peserta Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak Tahun 2021 di Kabupaten Gorontalo mengikuti kegiatan sosialisasi Hak dan Kewajiban Calon Kepala Desa.

Ratusan calon kepala desa itu akan memperebutkan 89 kursi kepala desa yang ada di daerah tersebut pada tanggal 25 Maret 2021 mendatang.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Gorontalo, Nawir Tondako mengatakan, Kegiatan yang di gelar di Gedung Kasmat Lahay Senin, (15/02/2021) tersebut bertujuan untuk memberikan pemahaman para Calon Kepala Desa.

“Komponen pelaksanaan pilkades terbagi atas masyarakat, penyelenggara dan calon. Para calon ini penting untuk diberikan pemahaman, agar mereka paham apa menjadi hak dan kewajiban maju sebagai calon Kades,” kata Nawir Tondako.

BACA  Musrenbang RKPD di Tilango, Prioritaskan Kesejahteraan Rakyat

Dirinya mengungkapkan, pada Pilkades Kabupaten Gorontalo Tahun 2021 ini ada 12 sengketa syarat pencalonan. Sengketa tersebut di dominasi oleh gugatan terkait Laporan Keterangan Pelaksana Pemerintah Desa (LKPPD).

“Sidang tinggal menunggu keputusannya pada 18 Februari 2021 nanti, ada 12 putusan yang akan dibacakan. Kebanyakan terkait LKPPD,” Ujar Nawir Tondako

Selain itu, kata Nawir Tondako, Pihaknya juga meloloskan mantan narapidana yang mencalonkan diri untuk menjadi kepala desa. Hanya saja, kata dia, ada syarat tersendiri yang harus diberlakukan kepada calon tersebut.

BACA  DPRD Usul Pemberhentian Nelson Pomalingo dan Herman Walangadi

“Wajib untuk dicantumkan bahwa yang bersangkutan adalah mantan nara pidana sehingga masyarakat bisa tahu dan itu menjadi kewajiban sebagaimana yang di atur dalam Perda terkait Pilkades” ungkap Nawir Tondako

Terkait banyaknya calon kepala desa yang mendaftar, Nawir Tondako membenarkan bahwa tahun ini terjadi kenaikan jumlah masyarakat yang mencalonkan diri menjadi kepala desa.

“Mudah-mudahan Setelah mereka ketahui apa yang bisa dilakukan dan tidak bisa dilakukan sehingga tidak terjadi persoalan, yang menang terhormat dan yang kalah tidak berkecil hati, dalam pertarungan ada menang ada juga kalah” Nawir Tondako

BACA  Gubernur Gorontalo Minta Siskamling Diaktifkan Kembali, Ini Alasannya

Meningkatnya jumlah calon kepala desa tersebut mendapat respon positif dari Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo. Menurutnya hal itu merupakan tanda dari semangat masyarakat dalam membangun desa.

“Kepala desa merupakan ujung tombak dari Pemerintah Daerah, kalau Kepala Desa bekerja dengan baik maka pemerintah daerah juga akan sukses,” ungkap Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo dalam sambutannya saat membuka kegiatan tersebut.

Nelson Pomalingo juga berpesan kepada seluruh calon agar tetap mengikuti prosedur dalam berkampanye dan dapat pertanggungjawabkan kampaye tersebut jika terpilih nanti.(hiu/adv/hargo)


Komentar