Minggu, 20 Juni 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



4 Cara Desain Ruang Belajar untuk Anak, Bikin Tambah Rajin

Oleh Aslan , dalam LifeStyle , pada Kamis, 27 Juli 2017 | 03:00 WITA Tag: ,
  


Hargo.co.id – Setiap orang tua tentu menginginkan anaknya berprestasi di sekolah. Selain memintanya untuk rajin belajar, sebagai orang tua juga bertanggung jawab menyediakan ruang belajar yang nyaman dan kondusif.

Business Manager Dekoruma Rafi Sarumaha mengungkapkan, ruang belajar yang tepat secara desain dan penataan akan membuat sang buah hati merasa senang dan tidak tertekan saat belajar.

“Untuk menciptakan ruang belajar seperti ini, Anda sebaiknya mengetahui beberapa hal mendasar. Sedikitnya, ada empat hal yang harus Anda perhatikan sebelum menyiapkan ruang belajar baru bagi buah hati tercinta,” katanya dalam keterangan tertulisnya kepada JawaPos.com, Rabu (26/7).

Nah, berikut ini ulasan mengenai empat hal yang harus diperhatikan sebelum mendesain ruang belajar untuk anak

1. Gunakan meja belajar yang sesuai dengan tinggi anak

Meja belajar adalah sebuah komponen wajib ada di ruang belajar anak. Meja ini biasa digunakan untuk menulis dan mengerjakan PR lainnya. Untuk menulis, pastikan tinggi meja kira-kira seukuran dada anak saat ia duduk. Meja dengan ukuran ini dinilai cocok karena tidak membuat anak-anak terlalu menunduk sehingga mudah lelah.

BACA  Ini 7 Efek Buruk Bagi Kesehatan Kulit Akibat Kurang Tidur

Menariknya, saat ini meja belajar juga digunakan sebagai meja komputer atau laptop. Fungsi kedua meja ini sebenarnya berbeda. Meja belajar memiliki spesifkasi yang lebih simpel.

Kalau ketinggiannya tidak sesuai untuk anak Anda, berikan sedikit ganjalan. Sehingga, anak Anda tidak merasa lelah karena menunduk terlalu lama. Anda mungkin menghabiskan waktu cukup lama untuk mencari meja yang pas sambil berkeliling di toko. Untungnya sudah banyak toko online yang menyediakan meja belajar yang lengkap, salah satunya Dekoruma.

Meja belajar tidak terlalu sesuai untuk digunakan sebagai meja komputer jika penggunaannya lama. Tangan anak Anda akan terasa pegal jika mengetik terlalu lama di posisi yang tidak sesuai. Sehingga, meja komputer dengan rak khusus keyboard akan memberikan kenyamanan yang lebih baik ketika mengetik.

Saat ini, meja komputer tersedia dalam beberapa variasi. Anak anda bahkan dapat menggunakannya sambil lesehan. Jika kamu mengunjungi Dekoruma, kamu bisa menemukan meja komputer yang bervariasi dan lengkap.

BACA  Ini 7 Manfaat Rutin Minum Air Rebusan Daun Pepaya, Penyakit Kronis Ini Langsung Kabur

2. Tambahkan sofa bed untuk belajar

Hindari memaksa anak-anak untuk belajar dalam kurun waktu tertentu karena bisa membuat mereka merasa tertekan dan kehilangan fokus belajar. Sebaliknya, biarkan mereka beristirahat saat merasa lelah. Menyediakan sofa bed bisa jadi pilihan yang bijak. Setiap kali merasa lelah, mereka bisa beristirahat sementara hingga konsentrasi untuk belajar kembali datang.

Jangan lupa menyediakan makanan ringan dan minuman agar mereka tetap bersemangat. Adanya kedua hal ini bisa menjadi semacam “hadiah” yang bisa mereka nikmati kapan saja.

3. Pilih rak buku yang menarik

Selain meja belajar, rak buku juga menjadi benda wajib ada di sebuah ruang belajar. Idealnya, Anda mengajak anak memilih rak buku yang sesuai dengan keinginannya agar semangat belajarnya tetap terjaga.

Jika Anda memiliki masalah pada luasnya ruangan, siasati dengan rak buku gantung. Rak buku seperti ini bisa menghemat tempat karena area di bawahnya bisa digunakan untuk keperluan lain. Namun, Anda tetap harus memperhatikan cara meletakkannya. Sekali lagi, sesuaikan dengan tinggi anak agar ia bisa mengambil koleksi bukunya sendiri, tanpa harus ada bantuan kursi yang bisa berbahaya jika terjatuh.

BACA  Makin Percaya Diri Tampil dengan OOTD ala Korea

Bukan cuma rak buku biasa, Anda juga bisa mendapatkan berbagai macam rak buku unik di Dekoruma. Bentuknya pun disesuaikan dengan selera si kecil, seperti bentuk kelelawar dan bentuk tangga.

4. Pasang jendela besar

Anak-anak akan mudah merasa bosan saat harus berhadapan hanya dengan buku dan komputer di ruang belajarnya. Mereka butuh pemandangan lain yang menarik sekaligus menyejukkan agar kesehatan matanya juga terjaga. Caranya, pasang jendela besar yang bisa memperlancar sirkulasi udara dan cahaya di ruang belajarnya.

Sebaiknya, Anda juga menyiapkan taman kecil di luar jendela tersebut agar mereka bisa mendapatkan pemandangan yang lebih baik. Jika ruang belajar tidak berada di lantai dasar, pasang tanaman hias di sekitar jendela untuk mempercantik pemandangan dan menyejukkan matanya.

(hg/fab/JPC)


Komentar