Selasa, 24 November 2020
Dari Gorontalo untuk Indonesia



4 Cara Tepat Pantau Tumbuh Kembang Bayi

Oleh Berita Hargo , dalam LifeStyle , pada Jumat, 24 Februari 2017 | 17:00 WITA Tag: ,
  


Hargo.co.id -Indikator bayi sehat adalah dapat tumbuh kuat dan cerdas. Bayi harus mendapatkan asupan nutrisi yang terbaik sejak dari dalam kandungan hingga usia 2 tahun lewat Air Susu Ibu (ASI). Ada empat cara tepat untuk memantau perkembangan daya tumbuh kembang mereka agar memiliki berat badan dan tinggi badan yang baik seperti dilansir Promosi Kesehatan Dinas Kesehatan Kota Depok, Jumat (10/2).

Cukup Vitamin A
Air Susu Ibu (ASI) kaya dengan vitamin A. Makanan lain yang mengandung vitamin A adalah hati, minyak sawit merah, buah-buahan berwarna kuning atau oranye, dan daun sayuran berwarna hijau.

BACA  9 Manfaat Rutin Minum Air Rebusan Pare

Jika jenis makanan ini tidak tersedia dalam jumlah yang cukup, maka akan diberi kapsul vitamin A setiap 6 bulan sekali yaitu setiap bulan Februari dan Agustus. Kapsul vitamin A berwarna biru untuk bayi berusia 6-11 bulan. Kapsul Vitamin A berwarna merah untuk anak berusia 12-59 bulan

Timbang Bayi di Posyandu
Bertambahnya berat badan merupakan tanda yang menunjukkan bayi sehat dan tumbuh dengan baik. Setiap anak memiliki Kartu Menuju Sehat (KMS) guna memantau pertumbuhan tiap kali penimbangan.

BACA  7 Manfaat Buah Mengkudu untuk Kesehatan

Berat badan anak harus ditandai dengan mencantumkan titik pada KMS dan setiap titik dihubungkan sehingga membentuk sebuah garis yang menunjukkan kondisi pertumbuhan anak. Jika garis naik, maka pertumbuhan anak baik, jika menurun maka perlu diberi perhatian. Cara ini untuk mendeteksi dini angka bayi gizi buruk atau gizi lebih.

Perhatikan MP ASI
Bayi wajib diberi ASI eksklusif sejak lahir setelah Inisiasi Menyusu Dini (IMD) hingga usia 6 bulan. Setelah itu, bayi bisa diberikan Makanan Pendamping (MP) ASI. Untuk usia 6-8 bulan MP ASI untuk bayi diberikan makanan lumat. Untuk usia 9-11 bulan MP ASI untuk bayi diberikan makanan lembek. Untuk bai 12-24 bulan MP ASI untuk bayi diberikan makanan keluarga.

BACA  7 Tanda Anda Menderita Diabetes yang Muncul di Kulit

Ajak Anak Bermain
Bayi yang sehat ditandai dengan jiwa yang riang dan gembira. Untuk mendukung pertumbuhannya, ibu cerdas rajin berkomunikasi dengan buah hati dan ajak anak bermain untuk mengembangkan kreativitasnya. Sehingga anak sehat, bertambah umur, bertambah berat, dan bertambah pintar. (cr1/JPG/hg


Komentar