Sabtu, 2 Juli 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



4 Gaya Hidup untuk Raih Jantung Sehat

Oleh Berita Hargo , dalam LifeStyle , pada Rabu, 22 Februari 2017 | 12:05 Tag: , ,
  

Hargo.co.id– Penyakit Jantung Koroner (PJK) bisa dipicu oleh gaya hidup yang tak sehat. Ada banyak faktor penyebab PJK yang sebetulnya dapat dicegah atau dikontrol. Di antaranya, kolesterol, tekanan darah tinggi, diabetes, obesitas, merokok, riwayat keluarga (genetik), kurang olahraga, dan stres.

Serangan jantung, paling mudah terkena di pagi hari. Angka ini paling tinggi kejadiannya saat seseorang baru bangun tidur. Hal itu disebabkan siklus hormon adrenalin paling tinggi di pagi hari. Jika sangat sakit maka akan membangunkan orang tersebut tetapi jika sudah terjadi gangguan irama, maka bisa menyebabkan seseorang meninggal dunia.

Berbagai faktor risiko tersebut dapat dihindari kecuali memang pada faktor genetik dari riwayat keluarga. Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah RS Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita dr Dafsah Arifa Juzar, Sp JP memiliki saran bagi masyarakat agar menerapkan pola hidup sehat demi jantung yang sehat, Selasa (21/2).

1. Olahraga Bertahap
Terapkan gaya hidup sehat disertai olahraga yang teratur. Namun saat berolahraga, masyarakat harus melakukannya bertahap.

“Hati-hati olahraga bisa jadi bumerang kalau selama ini tak pernah olahraga lalu tiba-tiba olahraga dadakan, kadang-kadang kita lupa kalau sudah 15 tahun tak olahraga. Jadi harus bertahap,” ungkapnya.

2. Makanan Seimbang
Lebih selektif dalam mengatur pola makan, tidak tinggi lemak yang memicu kolesterol, darah tinggi, dan diabetes.

3. Hindari Stres
Anak muda harus mengetahui berbagai faktor risiko yang bisa memicu penyakit jantung. Apakah masuk dalam golongan tinggi, sedang, atau rendah. Salah satu caranya adalah melakukan manajemen stres dan cukup istirahat.

4. Jangan Merokok
Merokok merupakan faktor risiko tertinggi seseorang terkena penyakit jantung. Jangan merokok jika ingin memiliki jantung yang sehat. (cr1/JPG/hg)

(Visited 2 times, 1 visits today)

Komentar