Kamis, 2 Desember 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



4 Kebiasaan Sehari-hari ini bisa Sebabkan Katarak Mata

Oleh Tirta Gufrianto , dalam LifeStyle , pada Jumat, 22 Oktober 2021 | 04:05 AM Tag: ,
  Ilustrasi bermain HP. Foto: Envato

Hargo.co.id – Sebagai bagian dari panca indera, mata memiliki peran penting dalam mentransfer visual ke dalam otak. Sehingga alat penglihatan ini sangat perlu dijaga kesehatannya.

Tak dipungkiri kebiasaan sehari-hari yang sering dianggap sepele ternyata dapat mempengaruhi kesehatan mata. Namun, banyak orang terus melakukannya.

Jika terus dibiarkan, kondisi ini akan mengakibatkan mata minus hingga katarak mata. Apa saja kebiasaan itu? simak ulasannya seperti dilansir dari Boldsky.

1. Menggunakan Perangkat Elektronik Saat Malam

Banyak yang mengalami ketidaknyamanan ketika menatap layar elektronik untuk waktu yang lama, menyebabkan mata berair atau ketegangan mata.

Ini dikenal sebagai strain mata digital. Penggunaan berlebihan perangkat elektronik membuat matamu terpapar cahaya biru dari layar yang memengaruhi mata, dan terlalu banyak eksposur dapat mengganggu siklus tidur, sehingga sulit untuk tidur di malam hari.

2. Tidak Cukup Tidur

Insomnia adalah salah satu penyebab yang mencegah mata Anda mendapatkan sirkulasi cairan yang dibutuhkan, hal ini akan menimbulkan pembengkakan.

Kurang tidur juga menyebabkan kedutan mata, pembuluh mata yang muncul, dan kondisi langka yang disebut Anterior Ischemic Optic Neuropathy (AION).

3. Menggosok Mata

Ketika benda asing masuk ke mata, kamu biasanya cenderung segera menggosok mata. Ini mungkin terasa baik untuk sementara waktu, tetapi menggosoknya dengan keras dapat menyebabkan goresan dan distorsi kornea.

Kornea sangat sensitif dan dapat tergores dengan mudah jika sesuatu masuk ke mata.

4. Merokok

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit, merokok juga dapat mempengaruhi kesehatan mata. Ini meningkatkan risiko katarak dan mengaburkan lensa mata yang membuat sulit melihat.

Selain itu juga memicu kerusakan di tempat dekat pusat retina, bagian mata yang diperlukan untuk penglihatan.(GenPI.co)

 

 

 

 

 

*) Artikel ini telah tayang di GenPI.co, dengan judul: “Ternyata 4 Kebiasaan Sehari-hari ini Sebabkan Katarak Mata“. Pada edisi Kamis, 21 Oktober 2021.
(Visited 21 times, 1 visits today)

Komentar