Kamis, 21 Oktober 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



5 Bulan di Luar Angkasa, 3 Pria ini Akhirnya Tiba dengan Selamat

Oleh Berita Hargo , dalam Headline Kabar Dunia , pada Senin, 4 Juni 2018 | 08:52 AM Tag: , , , , , , , ,
  Kapsul Luar Angkasa - Soyuz, nampak menghitam setelah terbakar akibat gesekan dengan atmosfir bumi. (Foto : Getty Images via bbc.com)

Hargo.co.id, Stepa – Setelah melaksanakan misi kurang-lebih lima bulan, tiga awak dari Stasiun Luar Angkasa Interasional (International Space Station – ISS) tiba dengan selamat di Bumi.

Tiga awak tersebut adalah Anton Shkaplerov (Rusia), Scott Tingle (AS), Norishige Kanai (Jepang) melayang turun dengan kapsul berparasut dan mendarat di wilayah Stepa – Kazakhstan.

Rekaman milik Badan Antariksa Rusia – Roscosmos menunjukkan, kapsul tersebut mendarat pukul 18:39 waktu setempat (20:39 WITA) Minggu (4/6), dan mengakibatkan awan debu.

“Kami sedikit lelah, tetapi senang dengan apa yang telah kami capai, dan senang bisa kembali ke Bumi. Kami senang cuaca cerah.” Ungkap Anton Shkaplerov, awak pertama yang dievakuasi dari dalam kapsul.

Kemudian evakuasi dilakukan terhadap Scott Tingle, yang nampak tersenyum dan melambaikan tangan.

Norishige Kanai, adalah awak yang terakhir dievakuasi dari dalam kapsul. Ia terus menerus meningkatkan kesadaran pihak Jepang tentang ISS dengan men-tweet – dalam bahasa jepang – segala aktivitasnya di ruang angkasa.

Ketiga awak tersebut kemudian duduk di kursi dan selimut di kaki mereka, dengan latar-belakang kapsul yang nampak menghitam setelah terbakar akibat gesekan dengan atmosfir bumi.

Tingle dan Kanai melakukan perjalanan ke kota Karaganda, Kazakhstan sebelum kembali ke Houston, Texas.

Sedangkan Shkaplerov kembali ke Moskow, dengan sebuah bola yang dilaporkan kemungkinan akan digunakan di Piala Dunia 2018 di Rusia akhir bulan ini.

Tiga Awak masing-masing Norishige Kanai (kiri), Anton Shkaplerov (tengah), Scott Tingle (kanan), duduk dengan selimut di kaki mereka. (foto : Reuters via bbc.com)

Cuplikan rekaman sebelumnya dari ISS menunjukkan bahwa Shkaplerov dan seorang rekan kosmonot berlatih dengan bola. Kantor berita Tass melaporkan kemungkinan akan digunakan dalam pertandingan pembukaan. Mengenai hal ini, Federasi Sepakbola Internasional (F̩d̩ration Internationale de Football Association РFIFA) belum dikonfirmasi.

Ketiga awak itu bekerja untuk berbagai eksperimen ilmiah selama kurun waktu mereka tinggal di ISS. Tingle, malah melakukan spacewalk (berjalan di luar angkasa) untuk melakukan perbaikan terhadap lengan robot milik stasiun itu. (hg/bbc.com)

Sumber : bbc.com

(Visited 3 times, 1 visits today)

Komentar