Sabtu, 8 Agustus 2020
Dari Gorontalo untuk Indonesia



5 Cara Alternatif Dapat Penghasilan Tambahan Selama Pandemi

Oleh Tirta Gufrianto , dalam Ekonomi Kabar Nusantara , pada Rabu, 22 Juli 2020 | 13:05 WITA Tag: ,
  ILUSTRASI. Nah, kalau selama ini hanya menjadikan platform digital sebagai tempat 'bermain', tak ada salahnya untuk mencoba cari penghasilan. (Australia post)


Hargo.co.id – Pandemi Covid-19 memang membawa efek yang besar terhadap perekonomian. Tak jarang, penghasilan pun berkurang karena kena pemutusan hubungan kerja atau dirumahkan. Namun, bukan berarti tidak ada jalan untuk mendapatkan penghasilan. Terutama untuk kaum hawa.

Yup, pandemi memang menguji setiap orang untuk kreatif mencari penghasilan.

Nah, kalau selama ini hanya menjadikan platform digital sebagai tempat ‘bermain’, tak ada salahnya untuk mencari penghasilan dari sana.

Bagaimana caranya? Setidaknya ada 5 alternatif yang bisa Anda lakukan untuk menambah penghasilan lewat platform digital.

1. YouTuber atau influencer

Cara paling populer di kalangan anak muda zaman sekarang dalam menambah penghasilan adalah menjadi YouTuber dan influencer. Anda bisa membuat konten menarik lalu mengunggahnya di kanal youtube dan instagram. Semakin banyak yang tertarik dengan kontenmu, kesempatan kamu mendapatkan penghasilan tambahan semakin besar.

BACA  Uji Coba Tahap Tiga Vaksin Sinovac, Relawan Dilindungi Asuransi

2. Jualan online

Jika selama ini hanya mengandalkan gaji sebagai sumber penghasilan, Anda bisa mencoba berjualan online untuk menambah penghasilan. Anda bisa menjadi reseller atau dropshipping untuk memulainya. Bisa juga berjualan online dari barang yang sudah tak terpakai di rumah atau memanfaatkan kemampuan yang ada. Misalnya, membuat aksesoris, fashion, masak, dan lainnya.

3. Guru les private

Menjadi guru les private juga bisa menambah penghasilan. Selama pandemi, sistem belajar-mengajar tidak maksimal seperti biasanya dan orang tua agak sedikit kerepotan dalam mengajarkan anaknya karena harus bekerja. Kamu bisa memanfaatkan peluang dengan memberikan pengajaran secara online. Misalnya, lewat WhatsApp, Meet, Zoom, dan lainnya.

BACA  Begini Penjelasan Setwapres soal Mobil Wapres Diisi Bensin Eceran di Pinggir Jalan

4. Freelancer

Manfaatkan kemampuan yang dimiliki untuk menghasilkan tambahan penghasilan. Banyak sekali perusahaan yang membuka pekerjaan untuk freelancer. Mulai dari penerjemah, desain grafis atau web, fotografi dan videografer, admin sosial media, serta masih banyak lagi. Anda bisa mencari pekerjaan freelancer di situs marketplace dalam dan luar negeri. Tapi, jangan lupa untuk memperbaharui portofolio agar lebih dipercaya dan mendapatkan banyak klien.

5. Penulis lepas

Memiliki bakat menulis, jangan dipendam saja. Menulis bisa menjadi salah satu cara mendapatkan penghasilan. Banyak sekali media online hingga platform komunitas yang memfasilitasi penulis lepas. Misalnya gabung ke platform komunitas Muslima Beauty, muslimabeauty.id.

BACA  Sri Mulyani Optimis Indonesia Bisa Hindari Ancaman Resesi

Biasanya, setiap aktivitas mulai dari menulis artikel atau hanya sekadar komen akan mendapatkan reward point. Reward point yang dikumpulkan bisa ditukar berupa uang tunai dan produk kecantikan.

Head of Muslima Beauty Mika Isriantini mengatakan, Muslima Beauty Platform didirikan untuk memfasilitasi para beauty enthuasiast, khususnya yang menyukai dunia menulis agar lebih berkembang. Pada kategori product review, hanya menampilkan produk kecantikan yang muslim friendly. “Jadi, tidak semua brand bisa tampil di platform ini. Ini juga yang menjadi pembeda platform Muslima Beauty dengan platform lainnya,” ujarnya. (nas/jawapos/hg)

 

 

 

*) Artikel ini telah tayang di JawaPos.com, dengan judul: “5 Cara Alternatif Dapat Penghasilan Tambahan Selama Pandemi“. Pada edisi Rabu, 22 Juli 2020.

Komentar