Selasa, 5 Juli 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



5 Parpol Belum Punya Calon Untuk Pilgub Gorontalo

Oleh Berita Hargo , dalam Gorontalo , pada Kamis, 1 September 2016 | 14:16 Tag: , , ,
  

Hargo.co.id GORONTALO – Tiga pekan lagi. Pendaftaran pasangan bakal calon Pilkada Gubernur Gorontalo akan dibuka. Namun seiring dekatnya pendaftaran, sejumlah partai politik (parpol) justru belum memiliki calon yang akan diusung. Padahal, jauh sebelumnya parpol tersebut sudah melakukan penjaringan bakal calon yang akan diusung.

Demikian pula janji kejutan di bulan Agustus sebagaimana yang pernah dikemukakan sejumlah partai. Hingga kemarin (1/9) belum ada yang terealisasi. Padahal sempat dijanjikan paling lambat akhir Agustus, sudah ada keputusan resmi DPP mengenai siapa pasangan calon yang diusung.

Parpol yang menjanjikan bahwa keputusan DPP partai sudah ada paling lambat akhir Agustus, adalah PDIP dan PPP. Selain dua partai itu, masih ada tiga partai lain yang sampai sekarang juga belum mengeluarkan keputusan resmi yaitu Demokrat, Gerindra dan PKB.

Di DPRD Provinsi, lima parpol yang belum punya calon resmi itu, total punya 16 kursi. Yaitu PDIP 6 kursi, PPP dan Demokrat masing-masing 4 kursi, serta Gerindra dan PKB masing-masing 1 kursi. Kalau parpol-parpol itu menyatu maka bisa mengusung satu pasangan calon. Karena syarat minimal parpol atau gabungan parpol untuk bisa mengusung pasangan calon di Pilgub adalah 9 kursi.

Meski belum punya keputusan resmi yang dikeluarkan oleh DPP Partai, tapi arah dukungan dari setiap parpol sudah mulai diisyaratkan oleh pengurus partai di daerah. PKB misalnya disebut-sebut akan mendukung Rusli Habibie sebagai Calon Gubernur. Begitupun dengan Demokrat juga mendukung Rusli Habibie dan Idris Rahim sebagai pasangan Cagub-Cawagub.

Sementara Gerindra menyatakan mendukung Hana Hasanah sebagai Calon Gubernur. Untuk PPP dan PDIP terikat dengan kesepakatan koalisi. PPP akan mengusung Calon Gubernur dan PDIP mengusung Calon Wakil Gubernur. PPP sudah memberikan isyarat untuk mengusung Hana Hasanah.

Sementara figur Calon Wakil Gubernur yang akan diusung PDIP dikabarkan masih dalam perebutan dua figur yaitu Tony Junus dan Sjafrudin Mosii.

Kemungkinan besar parpol-parpol ini akan mengeluarkan SK dukungan pada beberapa hari ke depan atau bisa jadi nanti saat injury time atau mendekati tahapan pendaftaran. Seperti diakui Sekretaris DPD PDIP La Ode Haimudin, bahwa Kamis (1/8) hari ini dirinya akan mendatangi DPP. “Untuk urusan pilkada Gubernur dan Boalemo,” ujarnya.

Apakah sudah akan menjemput SK DPP atas pasangan calon yang akan diusung partai ? “Belum. Nanti saatnya saya kabarkan,” jawab La Ode singkat.(rmb/hargo)

(Visited 3 times, 1 visits today)

Komentar