Selasa, 11 Mei 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



5 Titik Kemacetan di Pusat Kota Gorontalo yang Harus Diketahui Masyarakat

Oleh Berita Hargo , dalam Features Headline Metropolis , pada Sabtu, 27 Mei 2017 | 18:31 WITA Tag: , , ,
  


KOTA, hargo.co.id – Seiring dengan padatnya kendaraan bermotor serta ruang parkir yang minim dan sempit membuat wajah Kota Gorontalo sebagai Ibukota Provinsi Gorontalo semakin macet bahkan semraut.

Sedikitnya ada lima titik pusat kemacetan paling parah di Kota Gorontalo yang kini sulit teratasi.

Kemacetan di jalan Sudirman depan masjid Kampus UNG yang tiap sorenya pasti tak terhindari dari macet.

Pantauan Gorontalo Post, titik macet yang terparah adalah di pusat pertokoan Jalan Raja Eyato mulai dari dari simpang empat toko Madina Baru hingga simpang sempat Masjid Baiturahim.

Selain itu kemacetan terparah juga terjadi di ruas jalan Jenderal Sudirman mulai dari simpang empat pintu gerbang kampus Universitas Negeri Gorontalo hingga simpang empat rumah makan dapur Gorontalo.

Tak kalah macet juga di ruas jalan HS Cokroaminito mulai dari simpang tiga Sentra Media hingga simpang empat kawasan Hotel New Rahmat. Kemacetan di kawasan ini tak lain disebabkan adannya mobil para pengunjung warkop yang diparkir bahu jalan baik di sisi kiri dan kanan.

BACA  Sebanyak 1.205 Jiwa dan 317 Hektar Sawah Terdampak Banjir di Limboto Barat

Hal ini membuat ruas jalan menjadi sempit sehingga kendaraan harus pelan dan antrean untuk bisa melintas. Apalagi di kawasan itu menjadi tempat melintas mobil kontainer. Yang menjadi langganan macet juga masih di ruas jalan HS Cokroaminoto tepatnya di kawasan simpang empat SMP Muhamadiayah atau toko Eige Adventure Shoop.

Kemacetan di Pusat kota Gorontalo di jalan Panjaitan Kota Gorontalo. (foto jalal Khan/Gorontalo Post)

Kemacetan di kawasan ini tak lain disebabkan karena simpang empat itu merupakan pusat pertemuan kendaraan baik dari arah bundaran Hulondalo Indah, dari arah Mall Gorontalo, arah UNG maupun dari arah pangkalan ekspedisi.

BACA  Kamis, 06 Mei 2021, Tepat Pukul 00.00 Wita, Pintu Masuk Gorontalo Dikunci

Sehingga intensitas kendaraan yang melintas di kawaan itu cukup tinggi. Kemacetan terparah juga terjadi di kawasan Perlimaan Telaga. Ini karena kawasan tersebut merupakan pusat pertemuan kendaraan dari arah Kabupupaten Gorontalo, Tapa Bone Bolango, maupun dari pusat Kota Gorontalo.

Di lima titik kemacetan ini biasannya terjadi disaat pagi hari ketika jam masuk kantor yakni pukul 08.00 wita maupun jam pulang kantor yakni pukul 17.00 wita.

Yang memperparah kemacetan akibat kendaraan yang diparkir sembarangan di bahu jalan mulai dari mobil sepeda motor, hingga Bentor (Bacak Motor).Disisi lain tidak ada petugas berwewenang yang mengatur arus lalulintas.

BACA  Jelang Tradisi Tumbilotohe, Penjual Lampu Botol Mulai Ramai
Warga masyarakat ketika mengatur lalu lintas akibat kemacetan di kawasan simpang lima Telaga dan Kota Gorontalo. (foto Natha/Gorontalo Post)

Melihat kondisi seperti ini seharusnya Dinas Perhubungan Kota Gorontalo bekerjasama dengan Satlantas untuk segera mencarikan solusi agar kemacetan kendaraan di Kota Gorontalo bisa teratasi. Sebab kemacetan lalulintas menjadi salah satu faktor yang menghambat aktivitas warga.

“Sudah saatnya pihak terkait dalam hal ini Dinas Perhubungan mencari solusi kemacetan di Kota Gorontalo. Sebab jika permasalahan yang satu ini tidak segera teratasi hanya kan membuat wajah Kota Gorontalo makin semraut,”tandas Karim Husain warga Ipilo, Kota Gorontalo, kepada awak koran ini, kemarin. (roy/hargo)


Komentar