Rabu, 18 Mei 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



52 Tahanan Tewas, Akibat Kerusuhan di Penjara Brazil

Oleh Berita Hargo , dalam Kabar Dunia , pada Selasa, 30 Juli 2019 | 09:00 Tag: , ,
  

Hargo.co.id – Setidaknya 52 tahanan tewas akibat kerusuhan yang terjadi di penjara di Brasil. 16 tahanan di antaranya tewas dalam keadaan kepala terpenggal.

Kerusuhan tersebut meletus di Pusat Pemulihan Regional Altamira, Brasil, sekitar pukul 07.00 waktu setempat Selasa (29/7) . Dua petugas penjara sempat dijadikan sandera.

“Kebanyakan korban tewas berasal dari sesak nafas (dari asap),” kata pernyataan resmi pemerintah Para, seperti dikutip dari cnnindonesia, Selasa (30/7/2019).

Selain mengakibatkan 52 orang tahanan tewas, kerusuhan tersebut juga mengakibatkan kebakaran di penjara. Cuplikan dari SBT Altamira menunjukkan asap hitam tebal naik dari kompleks penjara. Polisi tidak menemukan adanya senjata api dalam kerusuhan tersebut. Tapi petugas menemukan pisau yang dijadikan senjata pada kerusuhan tersebut.

Perkelahian antar geng di tahanan Brasil sebenarnya bukan kali ini saja terjadi. Mei lalu, perkelahian yang sama juga terjadi di penjara negara tersebut.

Perkelahian menewaskan 55 orang tahanan. Sebagian besar korban tewas karena sesak napas, kata pemerintah negara bagian itu.

Pemerintah federal mengirim bala bantuan untuk meningkatkan keamanan di penjara. Brasil menurut statistik resmi memiliki populasi penjara terbesar ketiga di dunia setelah Amerika Serikat dan China.

Pada Juni 2016 lalu, total kapasitas penjara di negara tersebut mencapai 726.712 tahanan. Populasi tersebut dua kali lipat lebih besar dibanding perkiraan yang hanya 368.049.(afp/cnn/hg)

(Visited 15 times, 1 visits today)

Komentar