Tuesday, 21 September 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



59 Kades Terpilih Dilantik Februari 2018

Oleh Aslan , dalam Gorontalo Headline , pada Thursday, 21 December 2017 | 11:45 AM Tags: ,
  

GORONTALO, Hargo.co.id  – Sejarah baru kembali tergores dalam catatan perjalanan Kabupaten Bone Bolango. Rabu (20/12), daerah otonom yang berdiri 14 tahun silam itu, sukses menggelar pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak di 59 desa. Puluhan desa tersebut tersebar di 17 kecamatan se-Kabupaten Bone Bolango.

Para kepala desa yang terpilih direncanakan akan dilantik pada Februari 2018. Menariknya, meski proses pemilihan dilakukan serentak, pelantikan para kades ini rencananya tidak akan dilakukan serentak. Melainkan bakal dilantik satu per satu di masing-masing desa.

Rencana itu sebagaimana dikemukakan Bupati Bone Bolango Hamim Pou di sela-sela peninjauan pelaksanaan Pilkades serentak, kemarin.

Orang nomor satu di Bone Bolango itu telah meyiratkan kesiapannya untuk melantik para kades terpilih satu per satu.“Direncanakan (pelantikan,red) Februari. Nanti di desa masing-masing,” kata Hamim.

Meski telah menentukan bulan pelantikan, Hamim Pou belum memastikan tanggal pelantikan. “Yang jelas kami berharap, para kontestan harus berjiwa besar. Siap menang dan siap kalah. Sehingga proses pemerintahan di desa bisa berjalan cepat dan maksimal,” ungkap Hamim Pou.

Lebih lanjut Hamim Pou menekankan, para kepala desa yang terpilih sesegera mungkin membangun soliditas di kalangan warga. Dan yang tak kalah pentingnya, kades terpilih jangan pernah membeda-bedakan pelayanan bagi masyarakat ketika bertugas nanti

“Jalankan program untuk semua masyarakat. Jangan ada pemetaan (mereka yang memilih dan yang tak memilih,red),” tegas Hamim Pou.

Sebelumnya, pantauan Gorontalo Post, penyelenggaraan Pilkades serentak ini tak jauh beda dengan pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) maupun Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada).

Selain diselenggarakan oleh Panitia Pemilihan Kepala Desa, mekanisme warga memberikan suara juga sama dengan Pemilu/Pilkada. Begitu pula proses perhitungan suara.

Antusias warga untuk memberikan hak suara pada proses demokrasi tingkat paling bawah itu tak kalah seru. Para warga satu dengan lainnya saling ajak untuk memberikan hak suara. Tak heran bila tingkat partisipasi warga untuk menggunakan hak suara di seluruh desa yang melaksanakan Pilkades di atas 85 persen.

Hasil pemilihan juga tak kalah menarik. Dari data yang diperoleh hingga pukul 22.00 wita sebanyak 27 desa, umumnya didominasi wajah baru. Meski beberapa di antaranya kandidat incumbent kembali terpilih. Di antaranya di Desa Talumopatu, Desa Huluduotamo serta Desa Langge.

Selain Bupati, pelaksanaan Pilkades Serentak turut dipantau Wakil Bupati Kilat Wartabone serta para jajaran legislator. Pelaksanaan Pilkades turut mendapat pengawalan ketat Kepolisian. Sedikitnya 200 personel Polres Bonbol dikerahkan untuk mengamankan jalannya Pilkades.(tr-54/hg)

(Visited 2 times, 1 visits today)

Komentar