Selasa, 17 Mei 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



6.002 Warga Kabupaten Gorontalo Segera Terima KIS

Oleh Berita Hargo , dalam Advertorial Kota Gorontalo , pada Selasa, 8 September 2020 | 22:05 Tag: , , , ,
  Penyerahan KIS secara simbolis oleh Sekda Kabupaten Gorontalo Hadijah Tayeb (Kanan) kepada warga Kecamatan Tibawa, Selasa (8/9/2020). (Foto : Istimewa)

Hargo.co.id, GORONTALO – Sebanyak 6.002 warga di Kabupaten Gorontalo segera menerima tanda kepesertaan program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yakni Kartu Indonesia Sehat (KIS).

Ini terungkap pada kegiatan penyerahan KIS secara simbolis oleh Sekda Kabupaten Gorontalo, Hadijah Tayeb kepada warga Desa Isimu Raya dan Isimu Selatan, Selasa (8/9/2020) di aula kantor Camat Tibawa.

“Sebanyak 6.002 jiwa yang akan kita sampaikan (Serahkan KIS) kepada masyarakat wilayah kabupaten Gorontalo,’’ ujar Didik Sadikin saat memberikan sambutan yang mewakili Kepala BPJS Gorontalo, Hendra Elvian.

Menurutnya, data penerima KIS ini merujuk pada data Jaminan Kesehatan Semesta (Jamkesta) dan Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) yang bersumber dari Dinas Sosial Kabupaten Gorontalo.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada pemerintah kabupaten Gorontalo melalui Dinas Sosial, dimana kita mendapatkan data penerima jaminan kesehatan ini dari dinas sosial yang berasal dari data jamkesta dan jamkesda. Dimana data itu disampaikan oleh masing-masing desa, kecamatan hingga ke Dinas Sosial,” ucap Didik Sadikin.

Didik juga mengungkapkan, penerima JKN tidak hanya untuk kalangan masyarakat kurang mampu. Namun, untuk seluruh masyarakat di Indonesia.

“Jadi, KIS itu semua orang punya, baik itu TNI-POLRI, ASN, pegawai swasta, masyarakat umum dan juga yang mendaftarkan secara mandiri. KIS bukan semata-mata hanya untuk orang yang tidak mampu saja. Sesuai dengan yang dituangkan dalam Instruksi Presiden nomor 7 tahun 2017, bahwa seluruh kartu jaminan kesehatan harus diganti dengan kartu Indonesia sehat. Jadi tidak ada diskriminasi antara yang tidak mampu ataupun yang ASN dan lainnya,” imbuhnya.

Sementara itu, Camat Tibawa Latif Suparman menyambut baik pelaksanaan kegiatan ini. Dirinya pun menyampaikan ucapan terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Gorontalo dan BPJS yang telah mengakomodir warganya.

‘’Kami mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah melalui BPJS. Kami di Kecamatan Tibawa ada 235 penerima JKN-KIS. Yang masing-masing penduduknya dari Isimu Selatan dan Isimu,” tutur Suparman.

Pada Kegiatan itu, Sekda Hadijah Tayeb didampingi oleh Kepala Dinas Sosial Husain Ui dan Kepala Dinas Kesehatan Rony Sampir.(adv/lya/hg)

(Visited 5 times, 1 visits today)

Komentar