Senin, 23 November 2020
Dari Gorontalo untuk Indonesia



6 Cara Menghindari Tulang Keropos Akibat Osteoporosis

Oleh Tirta Gufrianto , dalam LifeStyle , pada Selasa, 20 Oktober 2020 | 13:35 WITA Tag: ,
  Ilustrasi logo osteoporosis. Foto: Antara


Hargo.co.id, JAKARTA – OSTEOPOROSIS adalah penyakit tulang yang ditandai dengan massa tulang yang rendah, tulang keropos, dan kerusakan tulang.

Dilansir dari JPNN.com, Osteoporosis sering kali disebabkan oleh ketidakaktifan fisik, ketidakseimbangan hormon, dan pengobatan tertentu.

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan setiap hari untuk meningkatkan kekuatan tulang.

Dikutip dari Healthsite, berikut adalah enam hal yang bisa Anda lakukan untuk mencegah osteoporosis.

1. Asupan kalsium dan vitamin D yang cukup

Konsumsi kalsium yang kurang berhubungan dengan berkurangnya massa tulang dan meningkatkan risiko patah tulang.

Tubuh butuh vitamin D untuk menyerap kalsium. Jadi, Anda butuh dua asupan itu untuk mencegah osteoporosis.

Makanlah keju, susu rendah lemak dan kacang-kacangan sebagai sumber kalsium, sementara vitamin D bisa didapat lewat sinar matahari dan makanan seperti jamur dan salmon.

BACA  Ini 4 Manfaat Luar Biasa Salak untuk Tubuh

2. Makan banyak sayur dan buah

Sayur dan buah juga sumber kalsium dan vitamin D yang baik untuk kesehatan tulang. Brokoli dan jeruk baik untuk meningkatkan asupan vitamin D serta kalsium Anda.

3. Kurangi asupan kafein dan sodium

Mereka yang berisiko terkena osteoporosis harus menghindari kafein dan garam.

Sebagian peneliti mengatakan kafein mengurangi penyerapan kalsium, yang berujung pada osteoporosis.

Studi menunjukkan terlalu banyak garam berujung pada kekurangan kalsium dan tulang yang melemah seiring berjalannya waktu.

4. Aktif bergerak, rutin olahraga

BACA  Ini Dia Manfaat Susu Beruang yang Tidak Bisa Diremehkan

Kurang bergerak bisa menurunkan densitas tulang, yang meningkatkan risiko osteoporosis.

Organisasi kesehatan Dunia merekomendasikan minimal 150 menit olahraga intensitas sedang setiap pekan untuk orang dewasa agar tulang mereka kuat.

Residen Kedokteran Olahraga Freddy Ferdian mengatakan kepada ANTARA, pada umumnya kita butuh latihan tipe kardiovaskuler dengan frekuensi tiga hingga lima kali tiap minggu dengan intensitas sedang.

Satu kali latihan durasinya antara 30-40 menit dengan total 150 menit tiap pekan.

” Tipe latihan berupa kardiovaskuler seperti jalan kaki,” kata dia.

Sama seperti otot, tulang juga akan menguat bila rajin dipakai untuk berolahraga. Cobalah aerobik, naik tangga, jogging, tenis, lari, hingga yoga.

BACA  Ini Manfaat Air Rebusan Daun Sirih, Salah Satunya Ampuh Atasi Asma

5. Berhenti merokok

Merokok bisa berdampak pada kemampuan tubuh menyerap kalsium.

Selain itu, nikotin memperlambat produksi sel pembentuk tulang.

6. Kurangi alkohol

Beberapa studi menunjukkan konsumsi alkohol yang berlebihan memengaruhi kesehatan tulang dan meningkatkan risiko osteoporosis.

Dalam sebuah studi, peneliti menemukan perempuan antara usia 67 tahun dan 90 tahun yang mengonsumsi sekitar enam minuman alkohol per hari lebih banyak mengalami tulang keropos dibandingkan perempuan yang minum alkohol sedikit.(antara/jpnn/hg)

 

 

 

*) Artikel ini telah tayang di JPNN.com, dengan judul: “6 Cara Terbaik Menghindari Tulang Keropos Akibat Osteoporosis“. Pada edisi Selasa, 20 Oktober 2020.

Komentar