Kamis, 22 Oktober 2020
Dari Gorontalo untuk Indonesia



76 Koperasi di Kabupaten Gorontalo Dibekukan

Oleh Berita Hargo , dalam Gorontalo , pada Kamis, 15 Desember 2016 | 00:02 WITA Tag: ,
  


GORONTALO, Hargo.co.id – Sebanyak 76 koperasi dari total 395 kopersi di Kabupaten Gorontalo terpaksa harus dibekukan, hal ini dikarenakan koperasi tersebut  sudah tidak lagi menjalankan roda organisasinya, sementara hanya 85 koperasi saja yang melakukan Rapat Anggota Tahunan (RAT).

Berdasarkan data Dinas Koperasi UMKM, Perindustrian dan Perdagangan (DISKOPERINDAG) Kabupaten Gorontalo, dari total 395 jumlah koperasi yang terdaftar, hanya 194 yang aktif menjalankan usahanya, dan dari 194, hanya 85 koperasi yang melakukan RAT, sementara sisanya sudah tidak aktif lagi.

BACA  Giliran Gedung Sekolah Disemprot Desinfektan Brimob Gorontalo

Kepala Bidang Koperasi dan UMKM Diskoperindag Kabupaten Gorontalo Abdul Azis Hasan menjelaskan dari hasil pemeriksaan dilapangan ditemukan sebanyak 201 koperasi yang sudah tidak tidak melakukan pelaporan kepada Dinas Koperasi, bahkan 76 diantaranya terpaksa harus dibekukan, karena kepengurusan dan kantornya sudah tidak jelas lagi.

” Dari 395 Koperasi hanya 194 yang aktif, itupun hanya sebagian yang melakukan RAT. Sementara yang sudah tidak melakukan kegiatan lagi, itu kami bekukan,” Tegas Azis

BACA  Temui Warga Boalemo, Gubernur Serahkan Bantuan Bahan Pokok

Lebih lanjut Azis menuturkan, salah satu kendala yang dihadapi oleh koperasi-koperasi tersebut adalah menyangkut sistem pelaporan keuangan, dimana sebagian koperasi menggunakan sistim pembukuan yang berbeda dengan sistem pembukuan yang telah ditetapkan sesuai ketentuan yang berlaku di Dinas Koperasi, sehingga hal inilah yang menyebabkan sebagian besar koperasi tidak melakukan RAT.

” Sejauh ini kita telah melakukan pembinaan dan pelatihan bagi setiap koperasi menyangkut sistem pembukuan, namun kenyataannya ada beberapa koperasi yang justru membuat laporan keuangan berbeda dengan yang berlaku selama ini, sehingga kedepan hal ini menjadi perhatian bagi kita,” ujar Azis

BACA  Satgas Ajak Hilangkan Stigma Negatif Tentang Penyintas Covid-19

Selain itu bagi koperasi yang tidak aktif, pihak Dinas Koperasi telah melayangkan surat peringatan dan jika hal ini tidak diindahkan, maka akan diambil tindakan sesuai ketentuan yang berlaku. (rvg/Hargo)


Komentar