Sabtu, 2 Juli 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



9 Maret, Selamat Hari Ginjal Sedunia, Yuk Kenali Lebih Dekat

Oleh Berita Hargo , dalam Headline , pada Kamis, 9 Maret 2017 | 10:45 Tag: , ,
  

Hargo.co.id – Selamat Hari Ginjal Sedunia. Setiap tahun, tiap tanggal 9 Maret, masyarakat dunia ramai-ramai menggalang kampanye kesehatan bagi ginjal.

Hari Ginjal Sedunia adalah kampanye global untuk meningkatkan kesadaran pentingnya ginjal bagi kesehatan dan untuk menurunkan dampak penyakit ginjal serta masalah lainnya.

Penyakit Ginjal Kromis (PGK) adalah salah satu penyakit tidak menular oleh 1 dari 10 orang di dunia. PGK tidak dapat diobati dan dapat menyebabkan penderita membutuhkan perawatan seumur hidup.

Seiring meningkatnya angka penyakit ginjal, Hari Ginjal Sedunia berperan penting dalam mengedukasi masyarakat dalam upaya pencegahan dan deteksi dini penyakit ginjal.

Tema tahun ini adalah “Penyakit Ginjal dan Obesitas : Gaya Hidup Sehat untuk Ginjal Sehat”.

Tema ini mengajak masyarakat melakukan perubahan pola hidup sehat untuk mencegah obesitas agar tidak terkena oenyakit ginjal.

Dilansir dari Kementerian Kesehatan, Rabu (8/3), sebanyak 10 persen dari populasi global menderita PGK. Sebanyak 600 juta orang di dunia mengalami obesitas, dan 220 juta di antaranya adalah anak usia sekolah.

Pada tahun 2010, sebanyak 2,6 juta penderita PGK sudah dalam tahap stadium akhir dan menjalani hemodialisis. Jumlah tersebut diprediksi akan meningkat pada tahun 2030 menjadi 5,4 juta.

Pada tahun 2007, sebanyak 19,1 persen penduduk Indonesia berusia di atas 18 tahun mengalami obesitas. Jumlah tersebut meningkat pada tahun 2013 menjadi 28,7 persen.

Pada orang dengan obesitas, organ ginjal harus bekerja lebih berat, menyaring darah lebih banyak daripada normal untuk memenuhi tuntutan metabolik yang meningkat sesuai berat badannya.

Peningkatan fungsi tersebut dapat mengakibatkan kerusakan ginjal dan meningkatkan risiko terjadinya PGK dalam jangka waktu yang lama.

Orang dengan obesitas lebih berisiko 83 persen untuk menderita PGK dibandingkan orang dengan berat badan normal. Menurunkan berat badan berlebih dan mencegah terjadinya diabetes, hipertensi dan penyakit jantung akan menurunkan risiko penyakit ginjal.(cr1/JPG/hg)

(Visited 3 times, 1 visits today)

Komentar