Rabu, 21 Oktober 2020
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Ada 12 Titik Pusat Salat Idul Fitri di Gorontalo, Disini Saja Tempatnya….

Oleh Berita Hargo , dalam Features Gorontalo Headline , pada Sabtu, 24 Juni 2017 | 13:11 WITA Tag: , , ,
  


GORONTALO, hargo.co.id – Sedikitnya ada sembilan titik yang akan menjadi pusat pelaksanaan salat Idul Fitri, Ahad (25/6) mendatang. Lokasi-lokasi tersebut tersebar di kabupaten/kota se-Provinsi Gorontalo.

Di Kota Gorontalo tercatat ada tujuh titik pelaksanaan lokasi salat Id. Di antaranya di Masjid Baiturrahim, Stadion Merdeka, halaman Rektorat Universitas Negeri Gorontalo (UNG), lapangan Kompi Bantuan Liluwo, serta lapangan belakang Apotek Kimia Farma Limba U1.

Khusus untuk tahun ini, pelaksanaan salat Id di lapangan Taruna Remaja Kota Gorontalo ditiadakan. Hal itu dikarenakan fasilitas lapangan Taruna Remaja masih dalam proses renovasi.

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie diagendakan salat Idul Fitri di Masjid Baiturrhaim Kota Gorontalo, sementara Wakil Gubernur Idris Rahim bakal melaksanakan salat Idul Fitri di Masjid Baiturrahman Limboto.

“Tapi sebelum salat Idul Fitri, terlebih dahulu doa bersama di rumah dinas, bersama Forkopinda, setelah itu jam 6 pagi sudah turun dari rudis menuju masjid,”ujar Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi Gorontalo Sukri Suratinojo, kemarin. Sebelumnya, lanjut Sukri, Sabtu (24/6) besok malam, akan diselenggarakan Tonggeyamo atau musyawarah adat penentuan Idul Fitri 1 Syawal 1438 H.

BACA  Optimalkan Pencegahan Covid-19, Lurah Ini Kerahkan RT/RW

“Tonggeyamo dilakukan dengan mendengarkan langsung pengumuman dari pemerintah melalui televisi,”terang Sukri. Kementerian Agama Gorontalo, berencana menggelar pemantauan hilal besok, yang akan dipusatkan di Kantor Kemenag Provinsi Gorontalo, Jl Poigar, Kota Gorontalo.

Walikota Gorontalo Marten Taha dijadwalkan akan melaksanakan salat Idul Fitri di Masjid Baiturrahim. Sedangkan Wakil Walikota Budi Doku rencananya akan melaksanakan salat Idul Fitri Stadion Merdeka.

Kepala Bagian Kesra Kota Gorontalo Azis Djakaria menuturkan, pemilihan stadion merdeka sebagai lokasi salat Idul Fitri salah satunya atas pertimbangan jarak dan lokasi parkir.
“Persiapan saat ini sudah mencapai 90 persen, di antaranya termasuk penataan rumput pada stadion Merdeka,” ujar Azis.

BACA  Idris Rahim Tegaskan, ASN Harus Netral di Pilkada Serentak

Lebih lanjut Azis Zakaria menjelaskan, pelaksanaan salat Idul Fitri juga akan dilaksankaan di Lapangan Padebulo dan Lapangan Benteng Otanaha.

“Tentunya selain di lokasi lokasi ini, Pelaksanaan shalat Idul Fitri juga akan dilaksanakan di masjid-masjid atau di halaman masjid se-Kota Gorontalo,” tandas Azis.

Sementara itu untuk Kabupaten Gorontalo pelaksanaan salat idul Fitri akan terpusat di Masjid Baiturrahman, Limboto. Bupati dan Wakil Bupati Nelson Pomalingo-Fadli Hasan dijadwalkan akan melaksanakan salat Idul Fitri bersama warga di Masjid Baiturrahman.

Tak jauh berbeda, pelaksanaan salat Idul Fitri yang dipusatkan di masjid Agung juga berlangsung di Kabupaten Boalemo, Pohuwato serta Bone Bolango.

Lokasi salat Ied besok

Kepala Bagian Kesra Kabupaten Boalemo Fadlina Podungge menjelaskan, kesiapan ini telah dibahas dalam rapat melibatkan seluruh unsur terkait termasuk dari Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Boalemo.

BACA  Hindari Kerumunan, Demo Omnibus Law Tak Dapat Izin

Terpisah Kabag Kesra Pohuwato Daiman Ali menjelaskan, rencananya bupati serta wakil bupati dan sebagian OPD akan melaksanakan salat di Mesjid Agung Pohuwato.

“Semuanya terfokus di Mesjid Agung. Untuk pimpinan OPD yang berasal dari luar Pohuwato, nantinya akan salat dan menyesuaikan di wilayah mereka masing-masing,” jelasnya.

Di Kabupaten Bone Bolango Bupati Hamim Po, Wakil Bupati Mohamad Kilat Wartabone serta seluruh pejabat di lingkungan Pemkab Bone Bolango akan melaksanakan salat Idul Fitri di Masjid Agung Al-Marhamah Kecamatan Suwawa. Pelaksanaan salat Idul Fitri juga akan berlangsung di masing-masing kecamatan.

“Setelah itu akan ada silaturahim dari Pemerintah Kecamatan ke kediaman bapak Bupati, Wabup serta pak Sekda,” tandas Kabag Kesra Imran Gaib.(gip/nat/roy/nrt/kif/hargo)


Komentar