Senin, 21 Juni 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Ada Rekrutmen CPNS Lagi, Tersedia Formasi SMA

Oleh Fajriansyach , dalam Headline Kabar Nusantara , pada Kamis, 6 September 2018 | 01:00 WITA Tag: ,
  


Hargo.co.id JAKARTA – Satu lagi kabar baik bagi pemegang ijazah sekolah menengah atas (SMA) hingga magister yang mau menjadi abdi negara sebagai pegawai negeri sipil (PNS). Sebab, pemerintah berencana membuka penerimaan calon PNS (CPNS) pada tahun ini.

Untuk kuota penerimaan CPNS 2018 memang belum ada angka pasti. Namun, saat ini jumlah kursi PNS yang kosong ada 220 ribu.

BACA  234 CPNS di Kabupaten Gorontalo Ikut Pelatihan Dasar

Sedangkan rekrutmen CPNS 2018 akan diprioritaskan untuk mendukung program Nawacita. Antara lain CPNS untuk tenaga pendidik dan kesehatan, serta bidang teknis.

Menurut Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana, pemerintah tetap menyediakan posisi untuk CPNS formasi SMA. Terutama demi mengisi kekurangan tenaga sipir.

“Formasi lulusan SMA tetap ada, cuma jumlahnya terbatas. Yang diperbanyak adalah lulusan S1 maupun S2,” ujar Bima kepada JPNN, Rabu (5/9).

BACA  Rp 5 Miliar Dana PEN di Kabupaten Gorontalo untuk ‘Sirkuit Sang Profesor’

Dia menambahkan, porsi untuk lulusan cum laude tahun ini lebih banyak dibandingkan 2017. Sebelumnya kuotanya hanya 100 orang, kemudian meningkat menjadi 468 orang untuk Mahkamah Agung (MA) serta Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) saja.

Sedangkan tahun ini hampir semua instansi pusat dan daerah akan merekrut CPNS. Tujuan merekrut lulusan cum laude dari perguruan tinggi bonafide sebagai CPNS juga demi membentuk abdi negara berkelas dunia.

BACA  40 Persen ASN di Kabupaten Gorontalo Sudah Jalani Vaksin

“Karena tahun ini hampir semua daerah dan instansi pusat akan membuka rekrutmen CPNS, otomatis kuota lulusan cumlaude diperbanyak dibanding tahun lalu. Lulusan cum laude ini khusus lulusan perguruan tinggi terakreditasi A,” tuturnya.(esy/jpnn)


Komentar