Kamis, 7 Juli 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



ADHI Terbitkan Obligasi Rp 5 Triliun

Oleh Aslan , dalam Kabar Nusantara , pada Rabu, 31 Mei 2017 | 02:00 Tag: ,
  

Hargo.co.id – Adhi Karya (ADHI) bakal menggalang pendanaan dari pasar modal. Itu dilakukan dengan cara menerbitkan obligasi berskema penawaran umum berkelanjutan (PUB) senilai total Rp 5 triliun.

Pada tahap pertama, jumlah surat utang akan diterbitkan sekitar Rp 3,5 triliun. Kupon obligasi itu bertenor 5 tahun dipatok pada kisaran 8,75-9,5 persen.

Direktur Utama ADHI Budi Harto, mengatakan, dari dana obligasi tahap pertama, sekitar Rp 2,5 triliun akan dipakai untuk memperkuat modal kerja. “Modal kerja ini salah satunya untuk mendanai proyek Light Rail Transit (LRT) Jabodetabek,” tutur Budi.

Sedang Rp 500 miliar untuk penyertaan modal anak usaha. Sisa sejumlah Rp 500 miliar digunakan untuk membayar kembali (refinancing utang) obligasi jatuh tempo tahun ini. Obligasi ini telah mendapatkan peringkat single A minus dari Pefindo.

Direktur Keuangan ADHI Haris Gunawan menambahkan dengan perolehan rating investment grade dari Standard and Poors (S&P) diharap dapat membuat kupon lebih melandai. Perseroan memiliki obligasi tahun 2012 jatuh tempo pada tahun ini sebesar Rp 375 miliar. Dengan banderol bunga sekitar 9,35 persen. “Ekspektasi kami mendapat kupon di bawah 9 persen,” harap Haris. Dengan begitu, perusahaan bisa lebih banyak menghemat beban bunga. Sisa PUB sebesar Rp 1,5 triliun dapat diterbitkan pada semester kedua 2018 dan semester pertama 2019. Karena itu, manajemen akan melihat kebutuhan pendanaan terlebih dahulu.

Guna menyukses hajatan itu, manajemen telah menunjuk Bahana Sekuritas, BCA Sekuritas, Danareksa Sekuritas dan Mandiri Sekuritas sebagai penjamin pelaksana emisi obligasi.

Adapun masa penawaran awal (bookbuilding) berlangsung pada 24 Mei hingga 8 Juni 2017, tanggal efektif dari OJK diharapkan diperoleh pada 16 Juni 2017. Lalu, masa penawaran umum pada 19 Juni 2017 dan tanggal pencatatan di Bursa Efek Indonesia (BEI) 23 Juni 2017. (hargo/wsa)

(Visited 5 times, 1 visits today)

Komentar