Selasa, 7 Juli 2020
Dari Gorontalo untuk Indonesia



The Aesthetic of Casual Karawo

Oleh Berita Hargo , dalam Features , pada Senin, 10 April 2017 | 12:57 WITA Tag: , ,
  


hargo.co.id – BAGI beberapa orang, fashion is a high priority. Tren seakan menjadi acuan dalam berbusana. Namun, fashion designer Agus Lahinta meyakini, ”In order to be irreplaceable one must always be different”.

Punya fashion statement bakal membuat seseorang menjadi trendsetter. Itu pula yang diyakini Rumah Karawo, brand asal Gorontalo, pada koleksi kain karawo 2017.

Agus sendiri merupakan Creative Director of Rumah Karawo Gorontalo. Mendirikan Rumah Karawo tiga tahun lalu, membuat ia fokus dalam menggeluti bidang designer hingga saat ini.

Agus Lahinta

“Saya mendirikan Rumah Karawo karena melihat banyak kalangan menengah ke atas yang enggan berkarawo saat itu. Alasannya karena karawo yang ada di pasaran tidak cocok dengan segmen mereka. Sehingga setelah saya memutuskan untuk menggarap Karawo, client-client saya sebagian besar adalah menengah ke atas,” tutur Agus Lahinta.

BACA  Ilmuwan dari Chan Zuckerberg Biohub Desak Facebook Beri Sanksi ke Donald Trump

Trend yang biasa diangkat oleh Agus beragam. Untuk trend casual, Agus mengedepankan busana ready to wear yang menggabungkan pemilihan warna dan design motif serta produk yang bergaya casual dan urban. Sehingga, Sahabat Zetizen sepertinya akan cocok deh dengan karawo yang didesain oleh Agus Lahinta ini.

BACA  Gojek Uji Coba Pasang Sekat Pada Sepeda Motor

Nah sedangkan untuk trend formil, Agus biasanya membaginya menjadi dua. Formil reguler biasanya setiap empat bulan sekali baru menciptakan design baru yang biasanya digabungkan dengan kain daerah lain atau hanya karawo saja, namun tetap diberikan sentuhan elegan dengan gabungan warna lain dengan bahan yang sama. Sedangkan untuk trend Formil Premium yang Agus ciptakan adalah mengusung exlusivitas baik dari motif, bahan dan warna serta design. Produk ini pun hanya dibuat Agus maksimal 10 setiap bulannya untuk diberikan secara spesial bagi konsumen yang membelinya.

Wah kalau kesemua trend yang diciptakan Agus Lahinta adalah membaca selera pasar sekitar 40 persen dan 60 persen merupakan trend yang diciptakan Agus sendiri, rasanya nggak heran ya kalau baru-baru ini Agus Lahinta mendapat undangan untuk terlibat dalam Indonesia Fashion Week 2017 bersama Abhie, salah seorang designer Gorontalo juga.

BACA  Ini Dia Percakapan Utama di Facebook Selama Ramadan dan Idul Fitri

Undangan tersebut ialah untuk mengangkat Karawo di event Fashion bergengsi di tanah air. Nah, gimana nih sahabat Zetizen? rasanya jadi pengen pakai karawo setiap hari ya? Semoga karawo bisa mendunia dan sukses dapat diraih oleh Agus Lahinta bersama Rumah Karawonya. (ZT-08/hargo)


Komentar