Rabu, 25 Mei 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Agar Lebih Menawan, Wajah Ibu Kota Akan Ditata

Oleh Admin Hargo , dalam Kab. Gorontalo Utara , pada Jumat, 21 Januari 2022 | 22:05 Tag: ,
  Bupati Gorontalo Utara, Indra Yasin

Hargo.co.id, GORONTALO – Agar lebih menawan, wajah ibukota Gorontalo Utara akan ditata. Salah satunya yakni jalan di Kecamatan Kwandang (Ibu Kota) akan dipasangi lampu penerangan. 

Ini ditegaskan Bupati Gorontalo Utara, Indra Yasin yang mana menurutnya pada 2022 ada beberapa titik jalan yang akan dipasangi lampu. Menurut Indra Yasin, ini merupakan langkah awal dalam menata wajah Ibu Kota pada 2022. 

“Memang, untuk sekarang ini, pembangunan jalannya belum selesai. Semoga tahun ini bisa selesai pembangunan jalan. Jaringan penerangannya itu kurang lebih 12 kilometer dan saya berharap tahun ini sebagian telah terpasang,” ungkap Indra Yasin.

Penerangan Jalan Umum (JPU) ini akan ditempatkan di bypass dan juga di jalan nasional atau Trans Sulawesi. Yakni di  depan Kantor Bupati Gorontalo Utara, yang dimulai dari Bank SulutGo sampai di Desa Mootinelo yang sekarang sudah ada mediannya. 

“Untuk jalan bypass itu, akan dimulai dari Desa Pontolo sampai dengan kompleks Makodim 1314/ Gorontalo Utara di Desa Botungobungo. Juga dari depan Polres Gorontalo Utara sampai dengan Rumah Sakit ZUS, itu kurang lebih itu 15 kilometer,” jelasnya.

Indra Yasin berharap, mudah-mudahan tahun ini, PJU tersebut sudah bisa terpasang, karena sudah teranggarkan. Ia menargetkan pembangunan PJU itu sudah bisa dimanfaatkan pada April mendatang, saat HUT Gorontalo Utara atau nanti pada saat malam pasang lampu (tumbilotohe) di Bulan Ramadhan. 

“Tentu ini target kita di 2022, sehingga nantinya, Gorontalo Utara khususnya di Kecamatan Kwandang sebagai ibu kota kabupaten sudah ada penerangan jalan. Untuk anggarannya kalau kita hitung, prediksi itu kurang lebih Rp 5 miliar, tapi yang kita sanggupi baru Rp 3 miliar, sehingga nantinya jika pergeseran bisa ada dananya, akan ditambah. Tapi, yang pasti anggaran pembangunannya bersumber dari APBD Gorontalo Utara tahun anggaran 2022,” kuncinya. (***)

 

Penulis: Alosius M. Budiman

(Visited 47 times, 1 visits today)

Komentar