Kamis, 24 Juni 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Agenda Pelantikan Tiga Kepala Daerah di Gorontalo Mulai Dibahas

Oleh Zulkifli Polimengo , dalam Advertorial Gorontalo , pada Minggu, 21 Februari 2021 | 20:05 WITA Tag: , ,
  Agenda Pelantikan Tiga Kepala Daerah di Gorontalo Mulai Dibahas


Hargo.co.id, GORONTALO – Bertempat di rumah kediaman pribadinya, Gubernur Gorontalo II periode Rusli Habibie bersama Sekdaprov dan sejumlah pimpinan OPD menggelar rapat dalam rangka membahas rencana pelantikan 3 Kepala Daerah di Gorontalo, Sabtu (20/02/2021)

Dalam rapat tersebut Rusli Habibie mengusulkan bahwa pada saat pelantikan nanti, rencananya akan digelar secara luring atau tatap muka, namun begitu harus tetap menerapkan Protokol Kesehatan.

“Pak asisten, tolong persiapkan rencana pelantikan tiga bupati dan wakil bupati terpilih. Tadi mereka bermohon untuk tetap dilantik secara langsung, bukan virtual. Coba kita buatkan dulu surat ke Direktur Jenderal Otonomi Daerah (Dirjen Otda)  Kemendagri untuk pelantikan ini,” tutur Rusli Habibie diawal jalannya rapat.

BACA  Polemik Tapal Batas Berakhir, Wilayah Gorontalo Utara Masih Utuh

Dikatakan Rusli Habibie, pelantikan secara tatap muka memungkinkan dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Pelantikan hanya dihadiri oleh bupati dan wakil bupati serta pejabat yang melantik.

BACA  Capai 39.16 Persen, Realisasi Belanja APBD Provinsi Gorontalo Tertinggi se Indonesia

“Jadi nanti surat ke Dirjen Otda isinya jangan minta petunjuk, tetapi mengusulkan saja permintaan dari daerah agar mereka tetap dilantik langsung di provinsi. Terkait protokol kesehatan tentu saja diperketat, bahkan yang hadir akan dibatasi,” kata Rusli Habibie.

Rusli Habibie menambahkan, usulan pelantikan langsung sifatnya tidak memaksa, pihaknya menerima apakah usulan ini disetujui atau tidak oleh Kemendagri. Pihaknya hanya mempertimbangkan faktor sakralitas pelantikan bagi kepala daerah terpilih.

BACA  BPJS Kesehatan Bentuk Tim Kemitraan Perjaka Provinsi Gorontalo, Ini Harapan Sekdaprov

Diketahui sebelumnya pada akhir tahun 2020 kemarin dilangsungkan Pilkada di tiga daerah di Provinsi Gorontalo, yakni di Kabupaten Gorontalo, Kabupaten Bone Bolango dan Kabupaten Pohuwato. Para bupati dan wakil bupati terpilih masing masing Nelson Pomalingo–Hendra Hemeto, Hamim Pou–Merlan Uloli serta Syaiful Mbuinga–Suharsi Igirisa.(zul/adv/hargo)


Komentar