Rabu, 14 April 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Air Drainase Meluap ke Jalan HB Jassin, Warga Sekitar Meradang

Oleh Berita Hargo , dalam Headline Metropolis , pada Kamis, 25 Maret 2021 | 20:05 WITA Tag: , ,
  Genangan air yang nampak pada salah sati sisi di ruang Jalan HB Jassin, Kota Gorontalo. (Foto: Sri Aprilia Mayang/HARGO)


Hargo.co.id, GORONTALO – Mungkin pengguna jalan di Kota Gorontalo sering melihat ruas jalan digengangi air, meskipun tak hujan. Misalnya di Simpang Empat BRI Andalas yang sudah mendapat perhatian pemerintah. Terakhir yakni di Jalan HB Jassin Kota Gorontalo.

Itu lantas mendapat keluhan dari pengguna jalan, maupun masyarakat sekitar. Maklum, muncul bau tak sedap dari genangan air tersebut. Bahkan karena pengemudi kendaraan ogah melitas di genangan tersebut, menyebabkan macet.

Menurut masyarakat sekitar, keluhan ini sudah beberapa kali disampaikan ke pemerintah, namun hingga hari ini belum ada realisasi di lapangan. Genangan air yang hitam dan busuk itu masih menjadi pemandangan ketika melintas di Jalan HB Jassin.

Dampak yang timbul akibat itu, juga terlihat pada usaha yang ada di sekitar genangan air. Jangankan membeli barang dagangan, singgah ke toko saja tak ada. Alasannya, di depan toko ada genangan air yang busuk dan kurang sedap dipandang mata.

BACA  Meresahkan Warga, Pelaku Pocong Palsu Akhirnya Ditangkap

“Saya secara pribadi sudah menyampaikan ke pemerintah setempat ke kantor kelurahan, nemun belum ada tanggapan. Saya bahkan sudah menyampaikan ke instansi terkait, dan juga belum ada respon,” ujar Meyta, salah seorang warga yang berdomisili di sekitar genangan.

Lalu apa penyebabnya? Menurut Meyta, genangan air nampak di jalan karena drainase meluap. Jika dibiarkan terus begitu, maka yang timbul nantinya adalah jalan rusak.

Menanggapi hal tersebut Kepala Balai Pelaksana Jalan Nasional Gorontalo, Agung Sutarjo saat ditemui menyampaikan, bahwa untuk permasalahan genangan air di area jalan tersebut, pihak mereka tidak memiliki wewenang untuk hal itu.

BACA  Apa Kabar Wisata Embung Dumati? Kini Sudah Meredup
Genangan air yang nampak pada salah sati sisi di ruang Jalan HB Jassin, Kota Gorontalo. (Foto: Moh. Alwi Kakoe/HARGO)
Genangan air yang nampak pada salah sati sisi di ruang Jalan HB Jassin, Kota Gorontalo. (Foto: Moh. Alwi Kakoe/HARGO)

Namun jika untuk persoalan jalan, itu menjadi tanggungjawab mereka, saat ini jalan tersebut masih baik-baik dan permasalahannya ada pada genangan air yang disebabkan oleh saluran atau drainase di areal sekitar jalan. Sehingga untuk penuntasan masalah genangan air itu menjadi tugas Pemerintah Kota Gorontalo.

“Sekarang kondisi jalan baik-baik saja tidak ada masalah. Hanya saja kondisi saluran pembuangan atau drainase yang mengakibatkan sering terjadi genangan air saat hujan jika yang disalahkan adalah salurannya, saluran itu sendiri bukan menjadi tanggungjawabnya kita,” ucap Agung saat diwawancarai.

Permasalahan utama dari genangan air di sekitar Jalan HB Jassin tersebut memang sudah sering terjadi. Bahkan bukan cuma kali ini saja, tetapi dari tahun yang lalu. Buruknya sistem pembuangan ataupun drainase menjadi salah satu faktor terjadinya genangan air di sekitar situ.

BACA  Pedagang dan Pengunjung Butuh Fasilitas Tambahan di Kawasan Matobonebol

Lanjut katanya, ini bukan hanya menjadi tanggungjawab dari pihaknya saja, akan tetapi semua pihak terkait harus juga memperhatikan hal ini terlebih permasalahan utamanya adalah saluran pembuangan air atau drainase.

“Kalau untuk jalan selama tidak terjadi permasalahan maka itu bukan wewenangnya kita. Ketika kita juga fokus pada saluran harusnya bukan hanya balai jalan saja yang pikirkan itu. Sekarang ketika jalan ingin dibuat bagus tetapi kalau salurannya bermasalah kan percuma juga,” tambahnya.

Meskipun demikian masyarakat sekitar jalan tersebut menaruh harapan besar pada pemerintah ataupun dinas terkait untuk sesegera mungkin menyelesaikan permasalahan genangan air tersebut. Bukan saja membuat masyarakat menjadi terganggu, namun dikhawatirkan ini akan menjadi salah satu penyebab kecelakaan lalu lintas bagi pengguna jalan sekitar. (alwi/ung/hargo)


Komentar