Sabtu, 8 Agustus 2020
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Air Sungai Bone Mulai Naik, Warga Diingatkan Segera Mengungsi

Oleh Berita Hargo , dalam Advertorial Kab. Bone Bolango , pada Jumat, 3 Juli 2020 | 12:05 WITA Tag: , , ,
  Bupati Bone Bolango Hamim Pou saat melihat kondisi air Sungai Bone di pintu air desa Alale. (Foto : Nata Rahman/HARGO)


Hargo.co.id, GORONTALO – Curah hujan yang cukup tinggi dalam beberapa hari terakhir membuat debit air sungai Bone mulai naik. Hal ini membuat warga Desa Lombongo Kecamatan Suwawa Tengah khususnya yang tinggal di bantaran sungai Bone mulai was-was.

Kepala Desa Lombongo Zulkifli Abdullah ketika diwawancarai awak media mengungkapkan, pemerintah desa sudah memberi peringatan kepada warganya untuk segera melakukan evakuasi ke tempat yang lebih aman sebelum hal-hal yang tidak diinginkan terjadi. Zulkifli mengakui kondisi sungai Bone saat ini naik sangat cepat.

BACA  Jembatan Bulobulonthu di Bone Bolango Mulai Diperbaiki

“Baru satu jam yang lalu ketinggian air masih normal. Ini tersisa setengah meter lagi bisa melewati tanggul,”ungkap Zulkifli.

Ia khawatir jika curah hujan tidak berhenti maka air bisa meluap hingga ke daratan seperti yang lalu. Hanya saja Kades menyayangkan warga lebih memilih menetap di rumah mereka.

“Namun, jika terjadi banjir bandang, warga sudah menentukan tempat pengungsian yang menurut mereka aman. Seperti halnya banjir bandang lalu,”kata Zulkifli.

BACA  Lagi, Kabila Bone Dilanda Longsor, Banjir dan Pohon Tumbang

Sementara itu pantauan di lapangan, ketinggian air di bendungan Alale saat ini melewati batas ambang Normal. Kayu berukuran besar hanyut dibawa derasnya air. BPBD Bone Bolango dengan alat telekomunikasi terus melakukan pemantauan langsung guna mengantisipasi jika air meluap maka segera dilakukan tindakan evakuasi warga.

“Kami masih monitor terus kondisi terkinj bendung alale,”tandas Asran Kadir petugas BPBD Bone Bolango.

BACA  Warga yang Terdampak Banjir di Kota Gorontalo Blokir Jalan

Bupati Bone Bolango Hamim Pou juga mengingatkan warganya untuk Waspada dan siaga dengan kondisi sungai Bone yang sudah hampir meluap ke daratan.

“Saya instruksikan segera melakukan evakuasi masing-masing sebelum banjir bandang menerjang rumah-rumah warga,”tegas Hamim yang saat ini berada di lokasi bendung Alale.

Hamim juga meminta pihak BPBD Bone Bolango serta para camat dan Kades terus memonitoring lokasi-lokasi yang rawan banjir dan tanah longsor. (roy/adv/hg)


Komentar