Senin, 28 September 2020
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Air Sungai Taludaa ‘Ngamuk’, 150 Rumah Warga di Kecamatan Bone Rusak Parah

Oleh Rendi Wardani Fathan , dalam Gorontalo Headline Kab. Bone Bolango , pada Senin, 3 Agustus 2020 | 12:35 WITA Tag: , ,
  Puskesmas Tumbililato yang hancur akibat tanah bangunan tergerus, Ahad (2/8/2020). (Foto : Istimewa)


Hargo.co.id, GORONTALO – Sedikitnya 150 rumah warga yang tersebar di Desa Taludaa, Masiaga dan Ilohuuwa di Kecamatan Bone, Kabupaten Bone Bolango rusak parah terkena derasnya air sungai Taludaa.

Kejadian yang terjadi sejak Sabtu (01/08/2020) itu tidak hanya merusak rumah warga, sejumlah fasilitas pemerintah Kecamatan juga ikut hancur. Seperti Puskesmas Tumbililato. Fasilitas kesehatan itu hancur akibat tanah tempat berdirinya bangunan itu tergerus.

BACA  Wisata Pertanian Huntu Selatan, Destinasi Baru di Gorontalo

“Sekitar 150 rumah rusak di desa taludaa, masiaga, ilohuuwa, kecamatan Bone. Kebanyakan yang terkena derasnya arus sungai taludaa dan longsoran dari bukit di sepanjang jalan trans Sulawesi. Sekolah, puskesmas, dan beberapa fasilitas pemerintah juga rusak,” ungkap Bupati Bone Bolango, Hamim Pou, Senin (3/8/2020).

Bupati Bone Bolango Hamim Pou (Topi merah) saat berada di Kecamatan Bone untuk meninjau dan memberikan bantuan kepada warganya yang terdampak banjir di Kecamatan Bone.
Bupati Bone Bolango Hamim Pou (Topi merah) saat berada di Kecamatan Bone untuk meninjau dan memberikan bantuan kepada warganya yang terdampak banjir di Kecamatan Bone. (Foto: Istimewa)

Bupati Hamim Pou sendiri telah meninjau warganya yang terdampak musibah banjir di Kecamatan Bone. Hingga pukul 01.00 dini hari, dia bersama rombongan berada di Kecamatan Bone. Hamim Pou tidak datang dengan tangan kosong. Berbagai bantuan kebutuhan warga diboyongnya bersama rombongan.

BACA  Perlindungan Jaminan Sosial Pekerja Harus Diperluas

Awalnya, rombongan lewat darat. Namun, karena tidak bisa tembus yang dikarenakan banyaknya longsor di daerah Bone pesisir, rombongan terpaksa menggunakan kapal Basarnas.

BACA  Alami Kecelakaan, Pengendara Sepeda Motor Ditemukan Bawa Sabu
Bupati Bone Bolango Hamim Pou (Kemeja biru muda) saat meninjau warga Kecamatan Bone di pengungsian, Ahad (2/8/2020). (Foto : Istimewa)
Bupati Bone Bolango Hamim Pou (Kemeja biru muda) saat meninjau warga Kecamatan Bone di pengungsian, Ahad (2/8/2020). (Foto : Istimewa)

Hamim Pou mengatakan, Pemerintah Kabupaten Bone Bolango berencana akan merelokasi warga yang rumahnya berada di daerah langganan banjir. Selain itu, di Kecamatan Bone tepatnya di Desa Taludaa sampai Desa Masiaga akan dibangun tebing atau talud penahanan ombak.

“Untuk pembangunannya kami berharap bantuan kementerian PUPR melalui balai,” pungkas Hamim Pou. (adv/rwf/hg)


Komentar