Kamis, 2 Desember 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Akhir Tahun, Penumpang Terminal Andalas Sepi

Oleh Berita Hargo , dalam Headline Metropolis , pada Rabu, 7 Desember 2016 | 11:21 AM Tag: , ,
  

 

Hargo.co.id GORONTALO – Memasuki akhir tahun, penumpang terminal 14, Andalas, Kota Gorontalo sepi dari para penumpang. Utamanya untuk penumpang bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP).

Sudah lebih dari sebulan ini, para sopir yang mangkal di terminal itu baik tujuan Gorontalo-Palu-Makasar, Gorontalo-Kotamobagu, Gorontalo-Manado-Bitung kesulitan mencari penumpang. Paling banter, setiap trayek hanya mendapatkan penumpang 10 orang.

Pantauan Gorontalo Post, suasana sepi penumpang ini sangat terlihat, kemarin, (6/12). Beberapa diantara sopir AKAP hanya mangkal di tempat. Mereka tidak beroperasi karena tidak mendapatkan penumpang.

Salah satu penyebab, turunnya jumlah penumpang ini menurut para sopir, lantaran banyaknya angkutan khusus.

Banyak diantara penumpang yang dahulu langganan dengan mereka beralih memilih angkutan khusus karena faktor lebih cepat, dan bisa segera berangkat tanpa menunggu bus penuh.

Supriadi Abukasi, salah satu supir AKAP yang diwawancarai awak media mengatakan, dahulu sebelum tahun 2010, jumlah penumpang di terminal Andalas cukup besar.

Sekali trayek sampai 20 orang. Ia bisa merengut untung paling minimal Rp 400 ribu dalam sekalian trayek. Kalau lagi ramai sampai Rp 1 juta.

Tapi sejak bermunculannya angkutan khusus, keuntungan itu tak lagi bisa diraih. Bahkan terkadang, harus menanggung rugi karena biaya operasional. Baik untuk kebutuhan, bahan bakar, maupun perbaikan onderdil.

“Pendapatan kita menurun drastis, saat ini. Kalau lagi sial sekali, kita bahkan harus menggali kantong untuk biaya operasional dan perawatan kendaraan,” ujar bapak tiga anak itu.

Di terminal Andalas, terdapat sejumlah AKAP. Masing-masing, untuk jalur Gorontalo-Bitung sebanyak 3 bus, Gorontalo-Manado 3 Bus, Gorontalo-Palu dan Gorontalo – Makasar sama-sama berjumlah 2 Bus. (tr-56/hargo)

(Visited 4 times, 1 visits today)

Komentar