Minggu, 29 November 2020
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Akses ke Suwawa Selatan Terancam Putus

Oleh Fajriansyach , dalam Headline Metropolis , pada Jumat, 8 Juni 2018 | 11:40 WITA Tag: ,
  


GORONTALO, Hargo.co.id – Kondisi jembatan penghubung antara beberapa desa di Kecamatan Suwawa Selatan, Kabupaten Bone Bolango (Bonebol)saat ini cukup berbahaya bahkan sudah hampir ambruk.

Hal ini praktis membuat masyarakat resah dan meminta agar pemerintah daerah segera memberikan penanganan serius guna memperbaiki jembatan tersebut. Pasalnya, jika jembatan itu putus maka, otomatis akses penghubung antara Desa Boludawa dan Bulontalangi Timur terancam lumpuh total.

Pantauan Gorontalo Post Kamis (7/6), bagian sisi selatan jembatan sudah ambrol. Nampak tinggal batang kelapa yang muncul setelah bagian lantai dari penghubung jembatan itu ambruk. Dibagian ujung jembatan telah dipasangi police line (garis polisi) agar para pengendara sudah tak melintasi lagi jembatan tersebut. Menurut sejumlah warga setempat saat diwawancarai awak koran ini.

BACA  Paralayang Bakal Lengkapi Sektor Pariwisata Gorontalo di Batudaa Pantai

Ambruknya pondasi jembatan dipicu akibat terjangan sungai Bone yang meluap Senin (4/6) lalu sekitar pukul 05. 00 wita. Kini kondisi jembatan tersebut sementara waktu ditutup. Pasalnya, debit air sungai Bone yang kian meluap setiap saat membuat tebing tanah penyangga jembatan tersebut terus tergerus hingga ke dasar air dan menyebabakan kubangan kian hari makin membesar.

BACA  Akibat Arus Pendek, Satu Unit Rumah di Pohuwato Jadi Arang

Jembatan yang belakangan diketahui dibangun tahun 2007 itu dipastikan tak bisa digunakan lagi. Tak ada pilihan lain, warga Bulontala Timur yang hendak menuju pusat Kabupaten Bone Bolango itu harus memutar arah dengan jarak sepanjang 10 km melalui jembatan Molintogupo Desa Alale, Kecamatan Suwawa Tengah.

BACA  Infrastruktur Memadai, Rusli Habibie Ajak Berinvestasi di Gorontalo

Risman (32) misalnya, salah seorang warga setempat mengatakan, kondisi tebing pundasi jembatan yang kian memburuk tersebut sudah berlangsung lama. “So lama kondisi jembatan ini memprihatinkan pak. Cuma tidak ada kepedulian dari dinas terkait. Nanti ini jembatan so tidak boleh pake,”keluh Risman. Saat dikonfirmasi pihak Dinas Pekerjaan Umum Bone Bolango enggan memberikan penjelasan terkait penanganan jembatan itu. (mg03-gp/hg)


Komentar