Senin, 1 Maret 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Alat Penyulingan dan Miras Siap Edar Disita

Oleh Aslan , dalam Headline Metropolis , pada Sabtu, 9 September 2017 | 12:00 WITA Tag: , ,
  Aparat kepolisian saat hendak menyegel tempat penyulingan cap tikus yang berhasil digrebek di wilayah Kecamatan Lemito, Kabupaten Pohuwato.


POHUWATO Hargo.co.id – Polisi kembali menggerebek salah satu pabrik pembuatan minuman keras (miras) oplosan di wilayah Kabupaten Pohuwato, Rabu (8/9)
. Polisi juga mengamankan puluhan liter miras jenis cap tikus sekaligus menyegel pabrik rumahan tersebut.

Menurut keterangan polisi, penggerebekan ini bermula dari laporan masyarakat tentang adanya aktivitas pembuatan miras tradisional jenis cap tikus di salah satu perkebunan milik warga di Kecamatan Lemito, Pohuwato.

Mendapat informasi ini, Kapolsek Lemito Iptu Yahya Lamonda, langsung mendatangi lokasi kejadian bersama aparat kepolisian lain untuk memastikan informasi ini. Alhasil, informasi ini ternyata memang benar adanya. Polisi pun langsung menggrebek pabrik cap tikus itu.

BACA  Dadang Pesan Lima Pasang Pakaian, Merlan Cukup Satu Pasang

Dalam operasi ini , disitalah pabrik miras serta memasang garis polisi terhadap salah satu lokasi yang dijadikan warga sebagai tempat penyulingan miras jenis cap tikus.

“Sesuai informasi dari masyarakat, Kapolsek Lemito bersama anggotanya menuju lokasi penyulingan miras dan berhasil mendapati satu buah tempat yang disebut Balombo oleh warga sekitar.

Tapi pemilik lokasi tersebut sudah tidak berada di tempat hanya saja warga menginformasikan bahwa pemiliknya adalah warga berinisial JI,” ungkap Kapolda Gorontalo, Brigjen Pol Rachmad Fudail, melalui Kabid Humas, AKBP Wahyu Tricahyono, SIK, kemarin, Jumat (8/9).

Tim Polsek Lemito juga menuju rumah warga yang diduga menjual miras jenis cap tikus milik SH, AS, SM, NP dan RT.

BACA  Diduga Depresi, Petani di Gorontalo Ditemukan Gantung Diri

Dari penggeledahan, tim berhasil menyita 1 galon cap tikus berkapasitas 25 liter, 4 botol plastik ukuran 1 liter, 1 botol cap tikus ramuan dan 9 botol miras jenis Cassanova, 3 sak cap tikus ukuran 1 liter, 5 botol M.150 berisi cap tikus dan 2 botol miras jenis Pinaraci. “Semuanya sudah diamankan, termasuk pemiliknya,” kata Wahyu.

Lebih lanjut, Wahyu juga mengatakan, miras merupakan salah satu pemicu tindak kejahatan yang sering terjadi. “Dengan memberantas miras sampai di pabrik dan penjual di harapkan bisa menciptkan situasi kamtibmas yang aman di wilayah Polsek Lemito,” tambahnya.

BACA  Dua Terduga Pelaku yang Cekoki Bayi dengan Miras Terancam 10 Tahun Penjara

Sementara itu, jajaran Polsek Anggrek juga melakukan operasi, kemarin, Jumat (8/9). “Baru-baru ini, anggota kami kembali menyita sedikitnya 23 botol minuman keras berbagai merk dari sejumlah tempat penjualan minuman keras di Kecamatan Anggrek, KAbupaten Gorontalo Utara,” ujar Wahyu.

Miras terdiri dari berbagai merk diantaranya, 8 botol Pinaraci, 5 botol Cap tikus, 3 botol Bir Casanova, dan 7 botol Bir Valentine.
Adapun sasaran dalam operasi tersebut warung atau kios yang dicurigai menyimpan dan mengedarkan minuman beralkohol tanpa izin.

“Barang bukti tersebut telah dibuatkan tanda terima dan telah diamankan di Mapolsek anggrek,” tegasnya.(tr-45/hg)


Komentar