ramadan2024

ramadan2024

Aleg Gorontalo Utara Minta Sektor Pertanian Diprioritaskan

×

Aleg Gorontalo Utara Minta Sektor Pertanian Diprioritaskan

Sebarkan artikel ini
Anggota DPRD Gorontalo Utara, Wisye Pangemanan (berdiri) turun langsung melihat kondisi petani dan potensi pertanian saat reses. (Foto Istimewa)
Anggota DPRD Gorontalo Utara, Wisye Pangemanan (berdiri) turun langsung melihat kondisi petani dan potensi pertanian saat reses. (Foto Istimewa)

Hargo.co.id, GORONTALO – Sektor pertanian yang ada di daerah ini diharapkan untuk mendapatkan prioritas utama. Ini sebagaimana diungkapkan Anggota DPRD Gorontalo Utara, Wisye Pangemanan.

hari kesaktian pancasila

“Yang perlu diprioritaskan dalam pembangunan daerah yakni sektor pertanian,” kata Wisye Pangemanan.

Pemerintah daerah, kata Wisye Pangemanan, harusnya memberikan skala prioritas terhadap sektor tersebut. Terutama untuk wilayah barat dari kabupaten ini seperti saat dirinya melaksanakan reses di daerah pemilihannya yakni Kecamatan Sumalata, Sumalata Timur, Biau dan Kecamatan Tolinggula belum lama ini.

Example 300250

“Terhadap kantong-kantong produksi pertanian yang ada di daerah ini harus mendapat perhatian penting,” tegasnya.

Seperti halnya untuk komoditas padi yang menjadi andalan dari Kecamatan Biau dan Kecamatan Tolinggula, begitu juga dengan wilayah Kecamatan Sumalata Timur dan Sumalata yang terkenal dengan keunggulan produksi jagungnya.

“Wilayah yang memiliki komoditi unggulan tersebut harusnya mendapatkan perhatian untuk dikembangkan baik itu dari sarana prasarananya atau fasilitas lainnya,” ujar Wisye Pangemanan.

Ramadhan 2024

Srikandi Golkar tersebut juga mengingatkan bahwa terhadap para pelaku usaha sektor pertanian diharapkan juga untuk diperhatikan, khususnya untuk petani lokal yang dapat disentuh dengan program pendampingan atau bantuan.

“Hal ini tentunya untuk memperlancar aktivitas mereka dan juga merupakan tenaga kerja lokal dan diharapkan dapat memperkuat sektor pertanian,” paparnya.

Keberlanjutan dan pencapaian program tidak hanya daerah namun nasional terkait dengan pangan atau produksinya pastinya akan terpenuhi ketika perhatian dan prioritas diberikan dengan maksimal dan berkelanjutan.

Bagi Wisye Pangemanan, turun langsung menyerap aspirasi para petani tersebut untuk mendengarkan langsung apa yang menjadi persoalan di lapangan serta usulan yang disampaikan tersebut dapat diteruskan ke pemerintah daerah dalam rangka meningkatkan produksi pertanian. Pada masa pandemi covid-19 ini pemerintah diharapkan tetap fokus karena mayoritas penduduk di daerah ini adalah petani.

“Pertumbuhan ekonomi daerah pasti meningkat dan stabil jika produktivitas pertanian terjaga dan aman, menjangkau perekonomian makro serta dapat menunjang PAD,” tandasnya. (abk/adv/hg)



hari kesaktian pancasila