Senin, 13 Juli 2020
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Aleg Gorut Minta Maksimalkan Pengelolaan Wisata

Oleh Zulkifli Tampolo , dalam Kab. Gorontalo Utara Legislatif , pada Rabu, 25 September 2019 | 06:05 WITA
  


Hargo.co.id, GORONTALO – Setiap potensi daerah harusnya dapat dimanfaatkan untuk kepentingan daerah dari berbagai sektor. Mulai dari ekonomi hingga peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Hal tersebut sebagaimana yang disampaikan oleh ANggota DPRD Gorontalo Utara (Gorut), Jery Kiswanto yang melihat  potensi wisata di daerah ini yang pemanfaatannya hingga pengelolaanya belum maksimal. Jery menegaskan sangat disayangkan jika potensi yang ada tersebut tidak dapat dimaksimalkan dengan baik.

BACA  Ini Kata Hamzah Sidik Terkait Posisi Ketua TAPD

“Sehingga dampak yang diharapkan tentu tidak akan terwujud, dan yang paling merasakan adalah masyarakat di daerah ini apalagi masyarakat yang hidup berdekatan dengan areal atau lokasi potensi wisata tersebut,” ungkapnya.

Sama halnya dengan Pulau Saronde yang selama ini menjadi ikon wisata daerah yang sangat dibanggakan namun hingga saat ini belum mampu menjawab kebanggaan tersebut. “Soal terkenal, siapa yang tidak mengenal keindahan pulau Saronde tersebut, hanya saja dampak dari kepopuleran wisata daerah tersebut untuk daerah belum begitu nampak,” kata Jery.

BACA  Jangan Beratkan Masyarakat Saat New Normal Diterapkan

Hanya saja dari dampak yang ditimbulkan terutama bagi daerah sangat kecil manfaatnya dan hanya menyumbangkan sepersekian PAD.

“Perlu ada terobosan baru dalam hal pengelolaan ikon wisata daerah tersebut agar memang dampaknya dapat dirasakan oleh daerah ini dan juga masyarakat,” ujarnya.

BACA  Ijazah Aparatur Desa Ilangata Ditarik, Komisi I Gelar Pertemuan

Olehnya ke depan, Jery berharap agar pemerintah daerah dalam hal pengembangan wisata daerah dapat lebih kreatif lagi dan tentunya dapat melibatkan pihak-pihak yang berkompeten serta dalam pengelolaannya dilakukan secara matang.

“Rencananya harus jelas, sasarannya serta target yang ingin dicapai harus terencana dengan baik dan berikutnya siapa saja yang akan dilibatkan dalam hal ini juga harus yang berkompeten dan telah terbukti,” tandasnya. (abk/hg)


Komentar