Friday, 30 July 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Aleg Sarankan 60 Persen Dana PEN untuk UMKM

Oleh Deice Pomalingo , dalam Advertorial Legislatif , pada Wednesday, 23 June 2021 | 23:05 PM Tags: ,
  Anggota DPRD Kabupaten Gorontalo, Amir Habuke

Hargo.co.id, GORONTALO – Adanya wabah Covid-19 setahun lalu berdampak buruk bagi masyarakat, terutama untuk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), sehingga Anggota Legislatif (Aleg) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gorontalo berharap, dana PEN yang akan dikucurkan 6p persen diperuntukkan untuk UMKM.

Aleg Amir Habuke mengatakan, UMKM yang dikenal tangguh dalam menghadapi krisis financial, akhirnya pun menjadi tidak berdaya akibat pandemi ini dan berharap sebagai bahan pertimbangan kepada pemerintah daerah, terhadap pengelolaan dana PEN untuk ikut memperhatikan UMKM dan bukan hanya pada infrastruktur semata.

“Sebagai masukan dalam pengelolaan program PEN bagi UMKM di masa pandemi Covid-19, saya harap 60 persen dari dana PEN dikhususkan bagi usaha tingkat bawah,” kata Amir, Rabu (23/06/2021).

Amir mengatakan, besarnya anggaran PEN tentunya harus direalisasikan dengan transparansi dan akuntabilitas yang tinggi terutama tepat sasaran dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi kemasyarakatan di tengah situasi yang sulit akibat pandemi Covid-19.

“Kalau niat pemerintah daerah dana PEN ini untuk masyarakat, maka usaha kecil seperti pedagang kaki lima, kios-kios, bengkel, dan para tukang harus ikut dibantu,” pesan Amir.

Amir menilai, rencana pemerintah yang lebih cenderung ke pembangunan infrastruktur tidak sepenuhnya menjadi kebutuhan rakyat secara mendasar namun karena hanya keinginan pihak-pihak lain.

“Kebutuhan ekonomi adalah yang paling mendasar hari ini, kerena hal tersebut menjadi tuntutan masyarakat ditingkat bawah yang kami terima,” tandas Amir. (wie/adv/hargo)

(Visited 2 times, 1 visits today)

Komentar