Minggu, 5 Desember 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Alot, Pembahasan APBD 2022 Hingga Malam Hari

Oleh Admin Hargo , dalam Legislatif , pada Selasa, 23 November 2021 | 03:05 AM Tag: , ,
  Suasana pembahasan APBD 2022 oleh Banggar DPRD dan TAPD didampingi sejumlah OPD terkait. (Foto: Deice Pomalingo/HARGO)

Hargo.co.id, GORONTALO – Pembahasan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2022 berlangsung alot. Betapa tidak, pembahasan yang dimulai dari Senin (22/11/2021) pagi, berlangsung hingga malam hari. 

Sebelumnya, DPRD Kabupaten Gorontalo telah melakukan penandatangan nota kesepakatan Rancangan Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) 2022 dalam paripurna pada awal November lalu. Rapat yang dipimpin Ketua DPRD Kabupaten Gorontalo, Syam T Ase, dan dihadiri seluruh anggota Banggar dan anggota TAPD itu digelar secara terbuka di ruang paripurna DPRD. 

Adapun pembahasan APBD 2022 ikut menghadirkan sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD), diantaranya Dinas Perhubungan, Dinas Pertanian, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Dinas Pemuda dan Olahraga, Dinas Sosial, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, dan Dinas Keuangan. 

“Hari ini kami melanjutkan rapat pembahasan APBD 2022, setelah DPRD melakukan paripurna materi KUA-PPAS APBD 2022,” kata Syam T. Ase.

Lanjut katanya, pembahasan APBD menjadi penting karena menjadi dasar program kerja yang akan dijalankan pada 2022 sesuai target yang telah ditetapkan pemerintah baik eksekutif dan legislatif. 

“Pembahasan APBD harus diatur berdasarkan regulasi yang ada. Untuk mempertimbangkan anggaran di setiap OPD, DPRD menyelaraskan dengan capaian dan target yang telah direalisasikan pemerintah,” jelas Syam T. Ase.

Dirinya juga mengaku optimis pembahasan APBD 2022 dapat diselesaikan dengan sisa waktu yang ada sebelum pelaksanaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 348 Kabupaten Gorontalo sesuai janji DPRD. 

“Kita akan tuntaskan pembahasan APBD 2022. Saat ini sudah beberapa OPD yang telah melakukan pemaparan ke Banggar DPRD, rapat kita gelar sampai malam,” kuncinya. (***)

 

Penulis: Deice Pomalingo

(Visited 11 times, 1 visits today)

Komentar