Minggu, 29 November 2020
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Amankan Pilkada Serentak, Ini yang Dilakukan Polda Gorontalo

Oleh Berita Hargo , dalam Headline HumKam , pada Minggu, 22 November 2020 | 04:05 WITA Tag: ,
  Kapolda Gorontalo, Irjen Pol Akhmad Wiyagus menunjukan taktik pelaksanaan operasi pengamanan Pilkada di Mapolda Gorontalo, Jumat (20/11/2020) (Foto Istimewa)


Hargo.co.id, GORONTALO – Guna mengamankan Pilkada serentak yang sedianya digelar 9 Desember 2020, Polda Gorontalo matang proses pengamanan agar pesta demokrasi itu berjalan aman dan sehat.

Informasi yang berhasil dihimpun, Polda Gorontalo menggelar uji konsep pelaksanaan operasi dengan menggunakan metode Gladi Posko dan Tactical Floor Game (TFG) di Aula Titinepo Mapolda Gorontalo, Jumat (20/11/2020). Kegiatan ini merupakan taktik yang disusun Polda Gorontalo dan jajaran guna mengantisipasi adanya potensi konflik sosial saat pesta demokrasi nanti.

BACA  Cegah Covid-19 pada Hari Pemilihan, KPU Klasifikasi Tiga Kelompok

Giat Sispamkota diikuti Kapolda Gorontalo Irjen Pol Akhmad Wiyagus, Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim, Danrem 133/Nani Wartabone Brigjen TNI Bagus Antonov Hardito, Ketua KPU, dan Ketua Bawaslu. Melalui kegiatan itu, Kapolda ingin memastikan agar setiap personel yang bertugas di lapangan mendapat satu komando. Sistim pengamanan kota dan tempat-tempat strategis seperti kantor pemerintahan, tempat penyimpanan surat suara bisa lebih maksimal.

BACA  Sebanyak 7.300 Dosis Vaksin Covid-19 Segera Disuplai ke Gorontalo

“Pesta demokrasi ini punya potensi konflik sosial, biasanya dipicu kabar bohong atau hoaks. Maka kita perlu samakan persepsi dengan penyelenggara,” ujar Wiyagus.

Petugas harus mampu membaca situasi agar gangguan Kamtibmas bisa diantisipasi sedini mungkin.

Sementara itu Kabid Humas Polda Gorontalo Kombes Pol Wahyu Tri Cahyono dalam keterangannya mengatakan, Polda Gorontalo beserta Polres jajaran siap memberikan jaminan keamanan seluruh tahapan Pilkada.

BACA  Terkait Pandemi Covid-19, Bawaslu RI Minta Tahapan Pilkada Diawasi

“Polri bersama TNI siap jamin keamanan Pilkada, oleh karena itu masyarakat tidak perlu khawatir pada tanggal 9 Desember 2020 nanti datangi TPS, gunakan hak pilihnya sesuai dengan hati nurani, jangan Golput, seluruh petugas Polri dan TNI akan mengamankan pelaksanaan pungut dan hitung suara di TPS,” kata Wahyu. (tr69/hg)


Komentar