Rabu, 7 April 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



AMAZING! Kain Sulaman Khas Gorontalo, Karawo Bergema di New York Fashion Week

Oleh Berita Hargo , dalam Features Gorontalo Headline , pada Selasa, 12 September 2017 | 12:43 WITA Tag: , ,
  


GORONTALO, hargo.co.id– Kain sulaman khas Gorontalo, Karawo benar-benar menjadi pusat perhatian dunia saat ini. Betapa tidak, ikon Gorontalo itu dipamerkan dalam pagelaran bergengsi New York Fashion Week (NYFW) di Crowne Plaza Times Square Manhattan New York, Amerika Serikat pada Minggu (10/9).

Sang desainer Agus Lahinta yang membawa karawo di ajang Internasional itu menamakan shownya dengan “The Touch of Karawo from Indonesia”.

Bahkan tak mau ketinggalan momen untuk memarkan Karawo, Agus lewat postingannya di akun Instagram merasa bangga bahwa Karawo bisa tampil di ajang bergengsi tersebut. Dalam video yang berdurasi 1 menit tersebut, Creative Director & Founder of Rumah Karawo merekam karya-karyanya dari belakang panggung yang tengah diperagakan para model di atas catwalk.

BACA  ‘Wisata Jalan Pelangi’, Destinasi di Sekitar Makam Pahlawan Nani Wartabone  

Tujuannya agar karyanya bisa dinikmati publik yang lebih luas, khususnya masyarakat Gorontalo.

Para model pria dan wanita yang mengenakan karawo berpose bersama dengan desainer Agus Lahinta saat tampil pada Couter New York Fashion Week, Ahad (10/9) di Crowne Plaza Times Square Manhattan New York, Amerika. (insert : para model menampilkan busana karawo)

“Part yang bikin saya terharu, campur aduk di backstage menyaksikan akhirnya Karawo Gorontalo bisa berada di panggung fashion dunia Couture New York Fashion Week 2017,” tulis Agus Lahinta pada akun Instagram @aguslah.

“Menyaksikan bagaimana akhirnya mereka dari berbagai negara tahu itu Gorontalo, kenal (juga) dengan kain sulaman Kawaro dari Gorontalo, jadi mengenal proses pembuatannya yang rumit, mengenal obyek-obyek wisata di Gorontalo yang saya tuangkan dalam motif-motif Kawaro untuk design saya ini. Alhamdulillah, semoga Kawaro, sulaman khas dari Gorontalo makin terkenal. Amin YRA,” lanjut Agus dalam postingannya tersebut.

BACA  Gubernur Gorontalo Sebut, Terdakwa Kasus GORR Orang Baik-baik

Di video lain, Agus mengajak para model yang mengenakan desainnya untuk mengajak masyarakat mencintai Karawo. “They love Karawo and They Love Gorontalo. After the show #KarawoGoesToNewYork at Couture New York Fashion Week 2017,” tulisnya.

Agus Lahinta bersama Yurita Puji ketika tampil di New York Fashion Week

Dan terakhir Agus merasa senang bisa berjalan di atas Catwalk New York untuk pertama kalinya. “My first International debut in Fashion, Couture New York Fashion Week 2017,” tulis Agus.

BACA  Wagub Gorontalo Minta TPID Implementasikan Prinsip 4K

Gaung Karawo yang tampil di ajang Fashion bergengsi itu tidak lepas dari peran Bank Indonesia (BI) yang menjadi sponsor utama dalam NYFW ini.

Karawo juga bisa disebut Makarawo dan telah diturunkan dari generasi ke generasi sejak masa kerajaan Gorontalo masih berjaya. Keindahan motif, keunikan cara pengerjaan, dan kualitas yang bagus membuat Karawo bernilai tinggi.

Dibandingkan kain nusantara lainnya, Karawo memang kurang menggema ke seantero tanah air. Ajang New York Fashion Week ini diharapkan bisa menjadi tonggak kejayaan kain Karawo.(ndi/hargo)


Komentar