Kamis, 21 Januari 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Ambil Kedokteran di Tiongkok 

Oleh Fajriansyach , dalam Ragam , pada Kamis, 8 November 2018 | 12:00 WITA Tag: ,
  


Hargo.co.id – Impian Nurfatahna Moito menjadi seorang dokter perlahan mulai digapainya. Bahkan, alumnus SMAN 3 Gorontalo ini beruntung akan melanjutkan pendidikannya di jurusan Kedokteran, Hubei Polytechnic University, Tiongkok.

“Perasaannya ada bahagia, ada sedihnya. Bahagia, yaaa..bisa diberi kesempatan ini. Dan sedihya karena ini pertama kalinya harus meninggalkan keluarga, teman-teman dengan waktu yang lama di negeri jauh,” ujar gadis kelahiran 20 Mei 2000 ini. Sampai saat ini gadis yang akrab disapa Vina ini tengah fokus mempersiapkan diri karena keberangkatannya ke negeri Tirai Bambu itu dijadwalkan pada pertengahan bulan ini juga.

BACA  Malam Pergantian Tahun, Akses Keluar Masuk Bone Bolango Ditutup

Soal bahasa, Vina sudah jauh-jauh hari mempersiapkannya. “Sebelum itu juga kita sudah mengikuti kelas bimbingan bahasa Inggris dan bahasa Mandarin lewat program Indonesia Tionghoa Culture Center (ITCC) di Surabaya. Itu selama kurang lebih 5 bulan,” ujar penyuka drama Korea ini.

BACA  COVID-19 Kembali Mengamuk di Tanah Kelahiran, Tiongkok Mulai Kewalahan

Sebelumnya, anak kedua dari tiga bersaudara dari pasangan Heramanto B Moito
dan Sumiati H Bakari ini tak membantah jika cita-citanya ini sempat tak didukung oleh orang tua, terutama ayahnya. Alasannya klasik; Vina adalah satu-satunya putri kesayangan ayahnya.

“Apalagi harus menyesuaikan dengan iklimnya yang tentu berbeda dengan Indonesia, bukan itu saja mulai dari budaya, agama dan bahasanya. Tapi seiring waktu, orang tuaku akhirnya memahami impian yang ingin aku kejar untuk menjadi seorang dokter,” ungkap dia.

BACA  Bhabinkamtibmas Polsek Boliyohuto Bantu Warga Terdampak Covid-19

Setelah selesai mengenyam pendidikan di Tiongkok, Vina berjanji akan menjadi seorang dokter yang amanah dengan membawa ilmu yang berguna bagi banyak orang khususnya masyarakat Gorontalo.(tr62/gp/hg)


Komentar