Jumat, 16 April 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



‘Anak Kolong di Kaki Gunung Slamet’, Kisah Inspirasi dari Kehidupan Anak Tentara 

Oleh Berita Hargo , dalam Edukasi , pada Kamis, 8 April 2021 | 16:05 WITA Tag: ,
  Sampul buku Anak Kolong di Kaki Gunung Slamet.


‘Buku ini bukan hanya sekedar novel. Pada bab terakhir isinya terdapat gambar disertai keterangan. Penulis berhasil membawa dirinya dalam cerita novel ini dengan menjadi tokoh Aku’.-Ahmad Yudi S. 

 

Hargo.co.id, GORONTALO – Buku ‘Anak Kolong di Kaki Gunung Slamet’ karya Yan Lubis ini menceritakan kisah perjuangan seorang anak tentara. Kisah hidup dari tokoh ‘Aku’ sangat berwarna karena peristiwa yang terjadi dalam hidupnya memberikan kesan yang luar biasa. 

Aku Si Anak Kolong merupakan buku Sastra pertama dari Yan Lubis. Yan adalah seorang akademisi yang merajut cerita untuk dibukukan menjadi sebuah karya sastra berbau realis. Berangkat dari kisah masa kecilnya, Yan menuliskan dalam sebuah cerita novel. Keinginan Yan menuliskan kisahnya pada ini adalah ingin menceritakan perihal kondisi bangsa yang ia alami pada saat itu. 

Ahmad Yudi S, seorang mahasiswa SI Jurusan Kesehatan Masyarakat, Stikes Respati Tasikmalaya yang akrab disapa Mas Yudi ini pada kegiatan Diskusi Buku melalui Live Instagram yang dilaksanakan oleh Komunitas Pena Pedia pada 07 April 2021, mengapresiasi karya sastra Yan. Baginya, Anak Kolong di Kaki Gunung Slamet memberikan pandangan baru bagi penikmat sastra yang belum tahu kehidupan seorang anak tentara. 

“Buku ini sangat menginspirasi, saya sebagai anak tentara juga menjadi rindu dengan kampung halaman. Karena dalam cerita ini menggambarkan kehidupan di kampung. Penulis mengatakan, dalam bahasa Latin ‘Ubi Bene Patria’. Artinya dimanapun kita berada, disitulah rumah kita. Pesan dari Yan sebagai penulis buku ini adalah dimanapun kita pergi, suatu ketika kita pasti kembali ke rumah asal kita,” tutur Mas Yudi sebagai pengulas. (elma/ung/hargo)

BACA  Sebanyak 23 Orang Mahasiswa UNG Magang Jurnalistik di Graha Pena Gorontalo

Komentar