Senin, 17 Januari 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Anas Jusuf Buka Suara Soal Angka Pengangguran di Boalemo

Oleh Admin Hargo , dalam Kab. Boalemo , pada Sabtu, 27 November 2021 | 12:05 PM Tag: ,
  Bupati Boalemo, Anas Jusuf

Hargo.co.id, GORONTALO – Plt. Bupati Boalemo Anas Jusuf, mengatakan, angka pengangguran di Boalemo pada 2021, menunjukan penurunan walau belum signifikan.

“Tingkat pengangguran terbuka di Boalemo 2021, menunjukan penurunan sebesar 0,09 poin,” kata Anas Jusuf, melalui pesan WhatsApp, kepada Hargo.co.id, pada Jumat malam, (26/11/2021).

Anas mengatakan, pada 2019, tingkat pengangguran terbuka di Boalemo sebesar 2,62  persen. Selanjutnya pada 2020, sebesar 3,96 persen. Sedangkan di 2021, sebesar 3,57 persen.

Dijelaskannya, pengangguran adalah penduduk yang termasuk angkatan kerja usia 15 tahun ke atas, yang merasa tidak mungkin mendapat pekerjaan, sedang mencari pekerjaan, atau sedang mempersiapkan usaha karena tak punya pekerjaan.

“Termasuk di dalamnya yang sudah punya pekerjaan. Namun belum mulai bekerja,” ujarnya.

Dikatakan Anas Jusuf, pada 2020 semua sektor terkena dampak pandemi Virus Corona (Covid-19), tak terkecuali Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

“Pada 2021 mulai pulih, tapi belum normal dan sudah ada penurunan angka pengangguran walau belum signifikan,” jelasnya.

Sebelumnya, terkait angka pengangguran di Daerah bertajuk Damai Bertasbih ini, menjadi atensi salah satu Anggota DPRD Boalemo, Harijanto Mamangkey.

Kader PDI Perjuangan itu mengatakan, data dari Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Boalemo, menunjukan bahwa angka pengangguran di Boalemo, cenderung naik. Sehingga ia berharap, hal ini menjadi perhatian Pemda Boalemo.

‘Harus ada langkah-langkah konkret dilakukan oleh Pemerintahan Damai saat ini. Kami dari Fraksi PDI-P mengharapkan, dengan adanya program pemulihan ekonomi pasca pandemi Covid-19, Pemda dapat memaksimalkan program tersebut ke arah, bagaimana untuk melahirkan berbagai wirausaha baru di Boalemo, dan lebih membuka lapangan pekerjaan,” harapnya. (***)

 

Penulis : Abdul Majid Rahman

(Visited 183 times, 1 visits today)

Komentar