Minggu, 12 Juli 2020
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Anggaran Covid-19 di Gorontalo Utara Segera Dievaluasi

Oleh Alosius M. Budiman , dalam Advertorial Kab. Gorontalo Utara Legislatif , pada Senin, 11 Mei 2020 | 07:05 WITA Tag: , ,
  Ketua DPRD Gorontalo Utara, Djafar Ismail


Hargo.co.id, GORONTALO – Ketua DPRD Gorontalo Utara (Gorut), Djafar Ismail menegaskan bahwa pihaknya akan melakukan pengawasan terhadap pemanfaatan dana covid. Artinya, anggaran yang telah digeser beberapa waktu lalu untuk penanganan covid-19, harus dievaluasi.

Penegasan tersebut disampaikan oleh Djafar Ismail saat ditemui di ruang kerjanya akhir pekan kemarin. Menurutnya, DPRD yang memiliki tugas pokok dan fungsi dalam hal pengawasan akan mengevaluasi pemanfaatan anggaran covid-19 tersebut.

“Terhadap evaluasi akan dilaksanakan secepatnya dan tadi DPRD dalam pembahasan bersama Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) telah meminta laporan pelaksanaan kegiatan yang menggunakan anggaran covid,” ungkapnya.

BACA  Ijazah Aparatur Desa Ilangata Ditarik, Komisi I Gelar Pertemuan

Lebih lanjut Djafar Ismail menegaskan bahwa walaupun dalam keadaan yang bagaimana termasuk kondisi darurat, terhadap prosedur pemanfaatan dan pengelolaan keuangan itu harus dipatuhi.

“Itu sangat jelas, tidak ada alasan apapun termasuk alasan kondisi covid-19 tidak mengecualikan pemanfaatan anggaran yang tidak sesuai prosedur. Semua prosedur dalam pengelolaan anggaran harus diikuti,” tegasnya.

Menurut Djafar Ismail, pihaknya secara kelembagaan tidak ingin hanya karena alasan covid-19, dalam melaksanakan kegiatan kemudian ada hal-hal yang dikecualikan.

BACA  Pembangunan Harus Berdasarkan Kebutuhan Masyarakat

“Kami tidak mau, nanti setelah situasi krisis covid-19 usai, kemudian kita diperhadapkan pada persoalan hukum, karena terjadi pelanggaran dalam pengelolaan keuangan,” ujarnya.

Politisi senior PDIP tersebut menegaskan bahwa dalam rapat Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) pihaknya telah menegaskan bahwa pertanggungjawaban atas pemanfaatan dana covid itu harus.

“Bukan saja untuk bantuan sosial saja yang harus jelas dan ini butuh perhatian juga karena sifatnya wajib, namun terhadap anggaran covid juga saya tegaskan harus jelas pemanfaatan dan juga penggunaannya,” kata Djafar Ismail.

Penasehat Fraksi PDIP tersebut menegaskan pihaknya meminta secepatnya harus ada laporannya, termasuk realisasinya seperti terhadap kelengkapan untuk petugas yang ada di perbatasan.

BACA  Jembatan Bulobulonthu di Bone Bolango Mulai Diperbaiki

“Ini harus diseriusi seperti misalnya untuk tempat tidur yang bukan memadai namun layak dulu. Bagaimana mereka akan bekerja namun tidak difasilitasi,” jelasnya.

Begitu juga dengan fasilitas lainnya yang harus dipenuhi termasuk dalam menjamin kenyamanan para petugas dalam melaksanakan pekerjaan mereka seperti kipas angin dan juga konsumsi mereka.

“Ketika semua hal ini diabaikan, jangan harap mereka akan bekerja dengan maksimal,” tandasnya. (abk/adv/hg)


Komentar