Kamis, 22 Oktober 2020
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Anggaran Di-Deadline Akhir Mei, Bila Tak Siap Pilwako Bisa Ditunda

Oleh Berita Hargo , dalam Gorontalo , pada Selasa, 9 Mei 2017 | 15:03 WITA Tag: , , ,
  


GORONTALO Hargo.co.id – Tahapan awal Pemilihan Walikota (Pilwako) dijadwal akan dimulai pada Agustus mendatang. Terkait hal itu, kepastian anggaran untuk pelaksanaan hajatan demokrasi lima tahunan tersebut sudah harus dipastikan. Paling lambat akhir Mei ini. Bila anggaran tak siap maka pelaksanaan Pilwako bisa ditunda.

Sebagaimana diketahui, untuk pelaksanaan Pilwako 2017 Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengusulkan kebutuhan anggaran lebih kurang Rp 27 miliar. Kebutuhan anggaran itu meliputi pembiayaan keseluruhan tahapan, mulai dari tahap persiapan, rekrutmen Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK)/Panitia Pemungutan Suara (PPS) hingga penetapan pasangan calon terpilih.

BACA  Bawaslu Restui Gugatan Penetapan Petahana, Nelson : Ada yang Aneh

Ketua KPU Kota Gorontalo La Aba kepada Gorontalo Post (grup Hargo.co.id) mengaku telah menyampaikan kebutuhan anggaran Pilwako kepada Pemkot Gorontalo. “Alhamdullillah usulan anggaran yang disampaikan itu mendapat disambut positif dan antusias oleh Pemkot dan Dekot Gorontalo,” ujar La Aba.

BACA  1.000 Korban Banjir Bandang di Pohuwato Terima Bantuan Pemprov

Menurut La Aba, dari kebutuhan anggaran yang diusulkan pembiayaan terbesar berada honorarium penyelenggara adhock (tingkat PPK dan PPS) serta sosialisasi. KPU Kota Gorontalo menargetkan angka partisipasi pemilih pada Pilwako mendatang sekitar 85 persen. Untuk mencapai target tersebut, salah satu faktor yang memengaruhi adalah sosialisasi di tingkat masyarakat.

“Partisipasi pemilih menjadi indikator kualitas demokrasi. Ketika partipasi pemilih tinggi maka indikator kualitas demokrasi tinggi pula,” kata La Aba.“Karena itu kami berharap usulan kebutuhan anggaran tak mengalami perubahan,” sambung La Aba.

BACA  KPU Pohuwato Perketat Protokol Kesehatan Saat Pengundian Nomor Urut

Lebih lanjut La Aba menjelaskan, tahapan perekrutan petugas PPK dan PPS akan dimulai pada September-Oktober mendatang. “Insya Allah tak ada halangan tahap persiapan Pilwako akan kita mulai Juni-Juli mendatang. Tahap persiapan itu akan membahas semua hal dalam kaitan pelaksanaan dan kelancaran Pilwako,” tandas La Aba.(san/hargo)


Komentar