Rabu, 17 Agustus 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Anggaran Pemeliharaan Jalan Jangan Digeser

Oleh Admin Hargo , dalam Legislatif , pada Rabu, 6 Juli 2022 | 04:05 Tag: , ,
  Anggota DPRD Gorontalo Utara, Gustam Ismail

Hargo.co.id, GORONTALO – Terhadap pemeliharaan jalan yang menjadi tanggungjawab daerah, diminta untuk diseriusi oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang bertanggung jawab. Penegasan tersebut disampaikan oleh anggota DPRD Gorontalo Utara (Gorut), Gustam Ismail.

Dalam perbincangan dengan awak media ini, Gustam Ismail merasa prihatin dengan kondisi jalan umum yang masuk dalam tanggung jawab daerah. Memang sebelumnya Gustam Ismmail menyoroti soal kondisi jalan yang ada di Kecamatan Ponelo Kepulauan yang kondisinya rusak akibat pelaksanaan pekerjaan jalan sebelumnya karena dilalui oleh kendaraan atau alat lainnya saat mobilisasi material.

Menurutnya secara umum jalan-jalan yang ada di daerah ini harus mendapatkan perhatian dari dinas terkait. 

“Sama seperti halnya jalan nasional yang ada anggaran pemeliharaannya, begitu juga jalan daerah yang menjadi tanggung jawab daerah juga ada anggaran pemeliharaannya,” kata Gustam Ismail.

Anggaran pemeliharaan tersebut harus dimanfaatkan untuk memelihara jalan daerah yang tersebar di sebelas kecamatan yang ada termasuk di Ponelo Kepulauan. Jalan-jalan yang ada tersebut jika dibiarkan begitu, tentunya akan rusak dan tidak dapat dimanfaatkan dengan maksimal.

“Padahal jalan tersebut dibuat karena dibutuhkan masyarakat, dan pihak OPD juga harus rajin turun lapangan memantau kondisi jalan-jalan yang ada yang masuk dalam jalan daerah. Jangan hanya sampai pada pembuatan jalannya saja, namun tidak diikuti dengan pemeliharaan rutin. Karena yang akan merasakan dampaknya pasti masyarakat,” ujar Gustam Ismail.

Begitu juga terhadap anggaran pemeliharaan jalan, jangan hanya sekedar item yang ditulis apalagi hanya sekedar untuk menjadi tempat cadangan anggaran yang sewaktu waktu dapat digeser. 

“Jika jalan menjadi rusak, maka akan mempengaruhi sektor lainnya termasuk ekonomi masyarakat,” tandasnya. (***)

 

Penulis: Alosius M. Budiman  

(Visited 17 times, 1 visits today)

Komentar