Rabu, 20 Oktober 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Angkasa Pura II Akan Bangun Terminal 4 Bandara Soetta

Oleh Aslan , dalam Ekonomi , pada Senin, 5 Juni 2017 | 07:00 AM Tag: ,
  

Hargo.co.id – Meski operasional Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno Hatta (Soetta) belum sepenuhnya berjalan, PT Angkasa Pura II (AP II) Persero berencana membangun Terminal 4 di Bandara Soetta. Penambahan terminal ini untuk mengakomodasi peningkatan jumlah penumpang.

Terminal anyar tersebut bakal dibangun di kawasan kar­go dengan luas sekitar 300.000 meter persegi, sedikit lebih kecil dari terminal 3 yang mencapai 400.000 meter persegi.

Direktur Utama AP II Muham­mad Awaluddin mengatakan, rencana pembangunan Terminal 4 Bandara Soetta saat ini masih dalam tahap kajian. Baru pada Tahun 2018, rencana pemban­gunan masuk ke tahap detail engineering design (DED).

“Saat ini baru kajian sehingga belum tahu berapa investasinya. Setelah DED rampung, baru di akhir 2018 kita masuk tahap konstruksi, nantinya pemban­gunan juga akan dilelang ke kontraktor, seperti Terminal 3,” kata Awaluddin di Jakarta.

Dilanjutkannya, Terminal 4 nantinya menempati lokasi Soewarna yang sebelumnya merupakan terminal kargo yang akan digantikan fungsinya. Ka­wasan tersebut memiliki luas sekitar 300.000 meter persegi, sedikit lebih kecil dari terminal 3 yang mencapai 400.000 meter persegi.

Awaluddin menyebut, dengan adanya Terminal 4, kapasitas penumpang di Bandara Inter­nasional Soekarno Hatta bisa mencapai 100 juta penumpang per tahun dari saat ini di kisaran 60 juta penumpang per tahun.

“Dalam lima tahun ke depan pengunjung Bandara Soetta akan menembus angka 100 juta penumpang, tahun ini aja udah 60 juta. Jadi kita sangat butuh penambahan terminal untuk mengakomodasi peningkatan ini,” tegas Awaluddin.

Dilanjutkannya, Angkasa Pura II menargetkan terminal baru di lima bandara yang dikelola perseroan dapat beroperasi pada 2017 guna mendukung pengem­bangan pariwisata nasional dan ekspansi bisnis perseroan.

“Lima bandara itu adalah Hu­sein Sastranegara di Bandung, Depati Amir di Pangkalpinang, Silangit di Tapanuli Utara, Su­padio di Pontianak, dan Bandara Soekarno-Hatta di Cengkareng,” ujar Awaluddin.

Sebelumnya, Direktur Operasi dan Teknik AP II Djoko Mur­jatmodjo mengatakan, saat ini Terminal 3 Bandara Soetta sudah mampu menampung 25 juta pen­umpang. Jumlah tersebut terbagi dua yaitu sebanyak 12,5 juta penumpang domestik dan 12,5 juta penumpang internasional.

“Jumlah 25 juta penumpang itu karena kita melayaninya den­gan level of service B, sementara bandara-bandara di dunia um­umnya level of services C. Nah Terminal 3 kalau diturunkan ke C bisa menampung 30 juta pen­umpang,” kata Djoko. (hg/rmol/pojoksatu)

(Visited 1 times, 1 visits today)

Komentar