Rabu, 12 Mei 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Apa Anda Sering Sakit Kepala, Coba deh Konsumsi 7 Makanan ini

Oleh Aslan , dalam LifeStyle , pada Sabtu, 3 Juni 2017 | 01:00 WITA Tag: ,
  


Hargo.co.id – Ada berbagai jenis sakit kepala dengan tingkat yang berbeda-beda. Yang jelas sakit kepala membuat segala bentuk aktivitas menjadi terganggu.

Sakit kepala adalah gejala dari sejumlah ketidakseimbangan fisik dan mental. Sebagian dari kita biasanya meminum obat anti nyeri untuk meredakannya.

Padahal, ada alternatif selain obat yang bisa membantu Anda mengatasi masalah sakit kepala.

Beberapa makanan dan cairan diyakini bisa membantu mengusir rasa sakit di kepala. Inilah beberapa di antaranya, seperti dilansir laman Cheat Sheet, Kamis (1/6).

1. Alpukat.

Tekanan darah adalah ukuran seberapa efisien aliran darah mengalir melalui tubuh Anda. Banyak faktor yang bisa menyebabkan tekanan darah terlalu tinggi, termasuk penyempitan pembuluh darah yang sering menjadi penyebab sakit kepala.

Untungnya, mengonsumsi lemak sehat bisa menjadi solusi yang efektif.

Alpukat mengandung asam lemak monounsaturated atau yang dikenal sebagai jenis lemak yang baik untuk Anda.

BACA  Jaga Imunitas, Ini 4 Asupan Penting untuk Tubuh Tetap Kuat

Makanan ini cenderung menjaga jantung Anda tetap sehat karena lemak tak jenuh membantu menurunkan tekanan darah yang bisa membantu meringankan sakit kepala.

2. Quinoa.

Selain nutrisi karbohidrat, protein dan lemak yang penting untuk tubuh Anda, sejumlah vitamin dan mineral juga berperan penting dalam menjaga kesehatan.

Magnesium adalah salah satu mineral penting yang bertanggung jawab untuk mengatur sejumlah reaksi kimia pada tingkat sel.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan di Journal of Sports Science and Medicine, magnesium, yang ditemukan pada makanan nabati seperti quinoa, bisa berperan dalam mengurangi tekanan darah.

3. Semangka.

Minum delapan gelas air putih atau lebih dalam sehari diperlukan agar Anda tetap terhidrasi. Rupanya, makanan tertentu, terutama buah dan sayuran, juga bisa membantu Anda tetap terhidrasi.

Mengabaikan minum cukup air atau makan makanan yang mengandung cukup air, seperti semangka bisa menyebabkan mengalami dehidrasi.

BACA  Jaga Imunitas, Ini 4 Asupan Penting untuk Tubuh Tetap Kuat

Menurut British Journal of Nutrition, dehidrasi bisa menyebabkan beberapa orang mengalami sakit kepala.

Jadi, untuk meringankan sakit kepala Anda saat ini, konsumsilah satu atau dua buah semangka agar membantu meringankan sakit kepala.

4. Roti gandum utuh.

Bila obat untuk beberapa sakit kepala adalah makanan, mengapa Anda tetap mengalami sakit kepala meski sudah makan sepanjang hari?

Anda mungkin mengonsumsi banyak gula halus (karbohidrat sederhana), yang sebenarnya bisa membuat sakit kepala semakin memburuk.

Karbohidrat kompleks, di sisi lain, akan mencegah lonjakan gula darah karena kaya akan serat.

Roti gandum akan memberikan Anda energi, nutrisi berharga dan serat yang akan membantu tetap kenyang.

5. Cokelat hitam.

Anda mungkin pernah mendengar obat terbaik untuk sakit kepala adalah secangkir kopi, terutama jika Anda mengalami penarikan kafein.

BACA  Jaga Imunitas, Ini 4 Asupan Penting untuk Tubuh Tetap Kuat

Tapi apa yang Anda lakukan saat jam 3 siang saat kepala Anda berdenyut? Anda bisa minum kopi untuk mengurangi sakit kepala, tapi akan terbangun hingga 12 jam ke depan.

Bagaimana dengan menikmati beberapa ons cokelat? Cokelat hitam mengandung kafein yang bisa membantu meringankan sakit kepala.

6. Kentang.

Karena dehidrasi sering disalahkan atas sakit kepala, Anda mungkin ingin mengembalikan keseimbangan elektrolit dengan cairan dan makanan yang kaya akan tepung kalium, seperti kentang.

Ada puluhan cara berbeda untuk mempersiapkan dan menikmati kentang, jadi jangan ragu untuk berkreasi dengan masakan Anda.

7. Bayam.

Bayam mencakup kombinasi mineral, seperti serat dan potasium yang yang bertanggung jawab mengurangi tekanan darah tubuh Anda.

Menurut British Journal of Nutrition, peningkatan asupan serat mungkin berperan dalam regulasi tekanan darah.(hg/fny/jpnn)


Komentar