Selasa, 6 April 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Apa Kabar Wisata Embung Dumati? Kini Sudah Meredup

Oleh Berita Hargo , dalam Headline Metropolis , pada Selasa, 6 April 2021 | 02:05 WITA Tag: ,
  Kondisi objek Wisata Embun Dumati seolah tak terawatt lagi. (Foto: Istimewah/Nurhilmi Hasan untuk Hargo)


Hargo.co.id, GORONTALO – Objek wisata Embung di Desa Dumati, Kecamatan Telaga Biru, Kabupaten Gorontalo, cukup tenar. Banyak wisatawan berkunjung ke lokasi tersebut, baik dari Kabupaten Gorontalo, maupun dari daerah lain.

Namun, itu dulu. Saat ini, objek wisata yang merupakan danau buatan yang diapit oleh pegunungan, tengah redup. Saat Tim Hargo berkunjung ke tempat wisata tersebut, sarana dan prasarana nampak rusak. Hal ini dikarenakan fasilitasnya yang sudah jarang digunakan, sejalan dengan ditutupnya sementara Wisata Embun Dumati akibat pandemi Covid-19.

BACA  Wanita 70 Tahun Ditemukan Sudah Tak Bernyawa

“Sejak 2020 semua destinasi wisata ditutup akibat pandemi, bahkan sampai dengan saat ini masih ada beberapa tempat yang belum dibuka,” ujar Malik Badu selaku (BUMDES) Badan Usaha Milik Desa Dumati.

BACA  Thariq Modanggu Ajak Masyarakat Perangi Narkoba
Perahu yang menjadi salah satu fasilitas yang digunakan untuk mengelilingi danau tanpak rusak.(Foto: Istimewah/Nurhilmi Hasan untuk Hargo)
Perahu yang menjadi salah satu fasilitas yang digunakan untuk mengelilingi danau tanpak rusak.(Foto: Istimewah/Nurhilmi Hasan untuk Hargo)

Lanjut katanya, tindak lanjut untuk perbaikan tempat Wisata Embun Dumati saat ini masih ditunda, dan akan dilanjutkan kembali pada 2022 mendatang.

“Kita akan mengembangkan lagi seperti Wisata Agro, Wisata Hutan, dan Pucak Dumati yang akan disuguhkan kepada wisatawan agar dapat melihat Kota Gorontalo secara keseluruhan,” tambah Malik Badu.

Sementara itu, salah satu pengunjung, Fadilah mengatakan, potensi objek wisata tersebut saat dijumpai belum mampu menarik minat pengunjung.

BACA  Bengkel Diminta Tak Jual dan Tak Pasang Knalpot Racing

“Berhubung fasilitas yang ada di sini sudah tidak terawat makanya kurang diminati oleh pengunjung,” kata Fadilah.

Namun telah direncanakan kedepannya agar Wisata Embun Dumati ini akan menjadi sebuah destinasi wisata favorit, sebab nuansa alamnya yang masih sangat kental. (hilmi/ung/hargo).


Komentar