Kamis, 26 November 2020
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Apel Siaga GCS, 298 PPDP Pohuwato Mulai Bertugas 

Oleh Ryan Lagili , dalam Advertorial Kab. Pohuwato KPU , pada Sabtu, 18 Juli 2020 | 23:30 WITA Tag: ,
  Apel siaga Gerakan Coklit Serentak (GCS), Sabtu (18/07/2020). (Foto Istimewa/HUMAS KPU POHUWATO)


Hargo.co.id, GORONTALO – Jelang tahapan pencocokan dan penelitian (Coklit) data pemilih untuk Pilkada 2020 mendatang, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pohuwato secara resmi melepas Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) dengan ditandai dengan apel Siaga Gerakan Coklit Serentak (GCS), Sabtu (18/7/2020).

Di Kabupaten Pohuwato sendiri, pelaksanaan GCS dipusatkan di Kecamatan Marisa dan Kecamatan Randangan, yang turut dihadiri Bupati Pohuwato H. Syarif Mbuinga,S.Pd.I.,SE.,MM, Ketua KPU Provinsi Gorontalo, Fadliyanto Koem, Komisioner Divisi Hukum dan pengawasan Provinsi Gorontalo, Ramli Ondang Djau beserta jajaran sekretariat KPU Provinsi Gorontalo, Bawaslu, unsur Forkopimda Kabupaten Pohuwato.

Disampaikan Ketua KPU Pohuwato, Rinto W Ali dalam sambutanya. Meskipun pelaksanaanya sama seperti Pilkada sebelumnya, namun proses coklit ditengah pandemi mengharuskan petugas penyelenggara untuk menerapkan protokol kesehatan sebagai langkah pencegahan dan pengendalian Covid-19. Bahkan seluruh petugas penyelenggara yang ada di Kabupaten hingga desa, juga telah dilakukan rapid test.

BACA  Bahas KUA PPAS, OPD Harus Membawa 4 Master Data

“Sehingga, masyarakat tidak perlu khawatir, karena seluruh penyelenggara sudah di tes rapid, jika ada petugas yang reaktif, maka akan diistirahatkan. Juga mereka kita sudah bekali dengan APD (Alat Pelindung Diri,red),” kata Rinto.

Ditambahkannya, seluruh petugas PPDP juga diwajibkan untuk mematuhi protokol kesehatan seperti menggunakan masker, sarung tangan sekali pakai, pelindung wajah, serta memperhatikan physical Distancing.

BACA  Memilih Hamim - Merlan, Warga : ‘Biar Tidak Pake Doi

“Untuk penyelenggara, juga jangan melakukan kontak fisik dengan masyarakat, jangan lupa mencuci tangan dengan sabun sebelum dan setelah melaksanakan tugas,” pinta Rinto.

Sementara itu, Bupati Pohuwato, Syarif Mbuinga, berharap agar pelaksanaan GCS ini akan memberikan pencerahan kepada masyarakat untuk bisa berperan aktif mengecek data diri sebagai pemilih. Dirinya juga berharap agar seluruh stakeholder yang terlibat dalam pelaksanaan pesta demokrasi di Pohuwato bisa menjalankan peran dan fungsinya masing-masing, sesuai aturan yang berlaku.

“Ini tanggung jawab kita bersama. Ini pesta kita, pesta rakyat, pesta kita semua. Untuk itu, marilah kita berpartisipasi aktif dan bekerja secara maksimal, Insya Allah Pilkada di kabupaten Pohuwato dapat berjalan dengan lancar dan sukses,” ucapnya.

BACA  1.807 Guru Segera Terima Sertifikasi, Dibayarkan Desember

Terpisah, Ketua KPU Provinsi Gorontalo Fadliyanto Koem mengungkapkan, kegiatan tersebut membuktikan KPU beserta jajaran benar-benar sudah menyiapkan diri untuk melaksanakan proses pemutakhiran data pemilih. Dirinya juga berharap agar masyarakat bisa bekerja sama dengan PPDP untuk melakukan pendataan dan pencocokan.

“Harapanya, masyarakat bisa menerima petugas kami (PPDP). Sehingga proses coklit bisa berjalan dengan baik dan lancar. Kepada seluruh petugas, Selamat bekerja, bekerjalah dengan optimal dengan selamat,” pungkasnya. (ryn/adv/hg)


Komentar